Masyarakat Internasional Janjikan Milyaran Dolar bagi Haiti

Ban Ki-moon mengumumkan janji tersebut pada pertemuan donor yang dihadiri oleh wakil-wakil dari lebih 100 negara.

Para donor internasional telah bertemu di markas besar PBB di New York dan menjanjikan bantuan sebesar 5,3 milyar dolar untuk Haiti untuk masa dua tahun mendatang sementara negara itu berusaha pulih dari bencana gempa bumi bulan Januari.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengumumkan hal itu hari Rabu pada akhir pertemuan sehari para donor yang dihadiri oleh wakil-wakil dari lebih 100 negara. Dana yang dijanjikan itu adalah bagian dari komitmen jangka panjang sebesar kira-kira 9,9 milyar dolar untuk negara paling miskin di Belahan bumi Barat itu.

Sekretaris jenderal itu mengatakan masyarakat internasional telah bersatu “secara dramatis dan dalam rasa solidaritas untuk rakyat Haiti” untuk membantu mereka pulih dari gempa tanggal 12 Januari itu.

Atas nama Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menjanjikan 1,15 milyar dolar untuk pemulihan dan pembangunan kembali jangka panjang Haiti. Uni Eropa menjanjikan dana bantuan sebesar 1,6 milyar dolar. Negara-negara lain juga menjanjikan dana bantuan dalam jumlah beragam.

Menteri Clinton mengatakan usaha-usaha pembangunan kembali akan dipimpin oleh Haiti, transparan dan berorientasi hasil. Dia mengatakan para pejabat akan bekerja dengan pemerintah Haiti mengenai pengiriman bantuan tersebut.