Menara Eiffel Tunjukkan Dukungan pada Demonstran Iran

  • Associated Press

Bendera Iran terlihat berkibar di depan Menara Eiffel di saat menara tersebut menyalakan lampu bertuliskan pesan, "Perempuan, Kehidupan Kebebasan" sebagai bentuk dukungan pada demonstran Iran, di Paris, pada 16 Januari 2023. (Foto: Reuters/Gonzalo Fuentes)

Menara Eiffel yang ikonik di kota Paris pada Senin (16/1) malam memasang lampu bertuliskan “Perempuan, Kehidupan, Kebebasan,” sebagai bentuk dukungan pada gerakan demonstrasi yang meluas di seluruh Iran.

Eiffel juga disemarakkan dengan pesan untuk menghentikan eksekusi para demonstran yang menentang pemerintah Iran.

BACA JUGA: Kota di Prancis akan Blokir Rambu yang Tunjukkan Kaitan dengan Khomeini

Kedua pesan itu disampaikan sebagai penghormatan pada Mahsa Amini, seorang perempuan Kurdi-Iran berusia 22 tahun yang meninggal dalam tahanan polisi, tiga hari setelah ia ditangkap polisi moral karena tidak mengenakan jilbab secara benar. Kematiannya telah memicu demonstrasi dan kerusuhan yang meluas di seluruh Iran, dan disertai upaya pembubaran massa dan pemberangusan.

Paris City Hall mengatakan slogan-slogan di Menara Eiffel itu merupakan penghormatan pada Amini dan “mereka yang dengan berani memperjuangkan kebebasan, sementara rezim Iran terus mengeksekusi para demonstran.” [em/vm]