Menhan AS Austin Masih Dirawat di RS 

FILE: Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam konferensi pers di Kementerian Pertahanan Israel di Tel Aviv, Israel, 18 Desember 2023. (REUTERS/Violeta Santos Moura)

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin masih tetap berada di rumah sakit hari Minggu, sementara lebih banyak rincian yang muncul mengenai para pengambil keputusan penting, termasuk Presiden Joe Biden, yang tidak mengetahui selama berhari-hari bahwa pemimpin Pentagon itu berada di unit perawatan intensif di Pusat Medis Angkatan Darat Walter Reed.

Juru bicara Pentagon Jenderal Patrick S. Ryder mengatakan kepada The New York Times bahwa Austin menjalani prosedur medis elektif di Walter Reed pada 22 Desember, dua hari sepulangnya dari lawatan lima hari ke Timur Tengah, dan pulang ke rumah keesokan harinya.

Setelah mengalami “nyeri yang parah” pada 1 Januari, Jenderal Ryder mengatakan Austin dibawa ke Walter Reed dan dimasukkan ke unit perawatan intensif.

Seorang pejabat pertahanan senior mengatakan Deputi Menteri Pertahanan Kathleen Hicks baru diberitahu mengenai sakitnya Austin pada 5 Januari.

BACA JUGA: Diam-diam Dirawat di RS, Menteri Pertahanan AS Berjanji akan Transparan

Hicks sedang cuti dan berada di Puerto Rico tetapi ia memiliki perangkat komunikasi untuk tetap berhubungan dengan Pentagon.

Biden juga tidak diberitahu mengenai tentang rawat inap Austin sampai ia mendapat informasi itu hari Kamis dari penasihat keamanan nasionalnya, Jake Sullivan, menurut berbagai sumber yang mengetahui situasi itu dan berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonim.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Sabtu malam, Austin menyatakan bertanggung jawab atas keterlambatan pemberitahuan itu.

Ia mengatakan sedang dalam pemulihan dan berharap segera kembali ke Pentagon, tetapi ia tidak memberi rincian lain mengenai penyakitnya.

Kerahasiaan mengenai rawat inap Austin, pada waktu AS sedang menghadapi berbagai krisis keamanan nasional, bertentangan dengan praktik yang normal dilakukan presiden serta para pejabat senior dan anggota kabinet AS lainnya. [uh/ab]