Menhan AS Berusaha Yakinkan Georgia

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berbicara dalam konferensi pers di Tbilisi, Georgia 18 Oktober 2021. (Foto: REUTERS/Irakli Gedenidze)

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memperingatkan Rusia agar tidak mengalihkan perhatian para pemimpin Eropa dengan perundingan baru, padahal belum menepati komitmen sebelumnya.

"Rusia, yang saat ini menduduki 20 persen wilayah Georgia, harus fokus untuk menghormati komitmen gencatan senjata 2008 sebelum mempromosikan platform diskusi baru apapun," kata Austin pada Senin (18/10) dalam kunjungan ke Tbilisi, Georgia, untuk bertemu dengan perdana menteri dan menteri pertahanan negara itu.

"Saya disini untuk meyakinkan Georgia," tambah Austin. "Kita punya banyak kepentingan yang sama, dan tentu saja, nilai-nilai bersama, dan kita melihat sejumlah peluang untuk kerjasama keamanan."

Kunjungan ke Georgia itu adalah persinggahan pertamanya dalam tur Eropa yang juga akan membawanya ke Ukraina dan Romania.

Austin juga akan melakukan perjalanan ke Belgia untuk berpartisipasi dalam pertemuan para menteri pertahanan NATO. [vm/jm]