Menhan Tegaskan Komitmen AS terhadap Sekutu di Indo-Pasifik

  • Associated Press

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, kanan, dan rekannya dari Korea Selatan Shin Won-sik berjabat tangan di Seoul, Korea Selatan, Senin, 13 November 2023. (Kementerian Pertahanan Korea Selatan melalui AP)

Menteri Pertahanan Amerika Lloyd Austin berada di Seoul, Senin (13/11). Dalam konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Shin Won-shik, ia menegaskan komitmen negaranya terhadap sekutunya di Asia dan kawasan Indo-Pasifik.

"Menteri Shin dan saya membahas peluang bersama untuk semakin memperkuat aliansi. Kami membahas tindakan destabilisasi yang terus dilakukan Korea Utara yang mengancam lingkungan keamanan regional kita, serta aktivitas China dan Rusia yang merusak tatanan internasional berdasarkan aturan," kata Austin.

Ia mengatakan bahwa penambahan militer Amerika baru-baru ini di Timur Tengah, sebagai respons atas perang Israel-Hamas, tidak akan mengurangi kekuatannya di kawasan Indo-Pasifik. “Apakah realistis untuk mempertahankan tempo saat ini dalam aset-aset strategis, pengerahan aset-aset strategis ke kawasan itu? Jawabnya ya,” kata Austin.

BACA JUGA: Panglima Komando Indo-Pasifik AS Bertemu dengan PM Jepang

Austin juga membahas pentingnya kontak antara Amerika dan China, baik yang melibatkan pejabat-pejabat militer maupun pembicaraan tingkat tinggi, termasuk pertemuan antara Presiden Biden dan Presiden Xi Jinping, yang dijadwalkan pada KTT APEC di San Francisco minggu ini.

"Tidak ada yang hendak saya umumkan hari ini, dan saya tidak akan berspekulasi mengenai hasil apa pun dari pertemuan Presiden Biden dan Presiden Xi. Namun kalian pernah mendengar saya berbicara tentang betapa pentingnya ini. Sebelumnya, menurut saya, untuk negara kita, kita harus memastikan bahwa para pemimpin senior militer dan pemimpin pertahanan berbicara supaya kita tidak membiarkan hubungan kompetitif berkembang menjadi krisis,” kata Austin. [ka/ab]