Menlu AS Bertemu PM Ceko

Menlu AS Mike Pompeo (kiri) bersama PM Ceko (kanan) Andrej Babis berjabat tangan menjelang pertemuan di Praha, Ceko, 12 Agustus 2020.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengadakan pembicaraan dengan PM Ceko Andrej Babis di Praha hari Rabu (12/8), pada hari kedua lawatan sepekan Pompeo ke Eropa Tengah.

Pompeo dan Babis membahas kerja sama energi nuklir dan Prakarsa Tiga Laut, suatu platform politik untuk mendorong konektivitas di antara negara-negara di Eropa Tengah dan Timur dengan mendukung proyek-proyek prasarana, energi dan interkonektivitas digital.

Prakarsa tersebut mengambil nama tiga laut yang membatasi kawasan: Laut Baltik, Laut Hitam dan Laut Adriatik.Pompeo kemudian akan berpidato di hadapan Senat di parlemen Ceko mengenai hubungan bilateral dan kebijakan luar negeri.

Diplomat tertinggi AS itu memulai hari lawatannya dengan ambil bagian dalam diskusi dengan sekelompok pemimpin perusahaan-perusahaan teknologi dari AS dan Republik Ceko, untuk menyoroti manfaat investasi AS, dan menurut Departemen Luar Negeri, “menegaskan daya tarik AS sebagai tujuan investasi bagi perusahaan-perusahaan rintisan Ceko.” [uh/ab]