Menlu Jerman Tegaskan Ukraina Masuk Uni Eropa

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock (kiri) berjabat tangan dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba selama kunjungannya ke Kyiv, Ukraina Senin (11/9).

Ukraina termasuk dalam Uni Eropa, kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, Senin (11/9) selama kunjungannya ke Kyiv. Namun ia menambahkan bahwa Ukraina perlu berbuat lebih banyak untuk memerangi korupsi.

“Reformasi telah membuahkan hasil di bidang reformasi peradilan, dan undang-undang media sudah mengesankan. Namun jalan yang harus ditempuh dalam penerapan undang-undang anti-oligarki dan pemberantasan korupsi masih panjang,” kata Baerbock.

Baerbock juga mengatakan bahwa Jerman akan memberikan tambahan bantuan kemanusiaan sebesar $21,44 juta, sehingga total bantuan tambahan Berlin mencapai $408 juta pada tahun ini.

BACA JUGA: G20 Serukan Perdamaian Ukraina, Tanpa Sebut Rusia sebagai Agresor

Menteri Luar Negeri Jerman itu memperingatkan bahwa Rusia akan kembali menargetkan infrastruktur energi Ukraina pada musim gugur dan musim dingin ini.

“Tujuan jahat Rusia adalah membuat rakyatnya kelaparan lagi pada musim dingin ini dan membiarkan mereka mati kedinginan,” katanya.

Para pejabat Ukraina juga telah memperingatkan bahwa Rusia kemungkinan akan melancarkan serangan udara baru terhadap fasilitas energi Ukraina dan meminta rudal jarak jauh dari sekutu Barat.

Usai pertemuannya dengan Baerbock, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan ia meminta rudal jelajah Taurus dari Jerman sesegera mungkin. [my/jm]