Menlu Singapura Akan ke Korut Jelang KTT Kim-Trump

Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan

Singapura mengatakan, menteri luar negerinya akan mengunjungi Pyongyang pekan ini, beberapa hari sebelum negara kota ini menjadi tuan rumah KTT yang sangat ditunggu-tunggu antara pemimpin AS dan pemimpin Korea Utara.

Menlu Vivian Balakrishnan berencana berada di Korea Utara selama dua hari, mulai Kamis, Singapura memiliki hubungan diplomatik baik dengan Korea Utara maupun AS.

Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan bertemu di Singapura tanggal 12 Juni. Gedung Putih mengatakan, KTT akan diselenggarakan di hotel Capella di Pulau Sentosa.

Para pejabat AS dan Korea Utara masih terus melakukan persiapan menjelang KTT itu. Trump, pekan lalu, di Gedung Putih bertemu dengan utusan Kim Jong Un, Kim Yong Chol, yang menyerahkan sebuah surat dari pemimpin Korea Utara.

Pemimpin AS itu sebelumnya menyerukan agar Korea Utara melakukan proses denuklirisasi segera, namun setelah pertemuannnya dengan pejabat tinggi Korea Utara itu, Jumat, Trump, menyatakan bahwa Korea Utara bisa melakukan proses itu secara bertahap.

"Kita tidak akan bertemu dan menandatangani sesuatu pada 12 Juni Kita akan memulai sebuah proses,” kata Trump.

Meski demikian, Trump menegaskan, sanksi-sanksi yang diberlakukan terhadap Korea Utara tidak akan dicabut sebelum negara itu sepakat untuk menyerahkan senjata nuklirnya. [ab/uh]