Menteri Jerman: VW Harus Selesaikan Sendiri Sebagian Besar Masalahnya

FILE - Mobil Volkswagen di pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman, 8 Maret 2018.

Jerman ingin mendukung Volkswagen (VW) dan membantunya menghindari penutupan pabrik, tetapi raksasa mobil yang sedang terpuruk itu harus memperbaiki sendiri sebagian besar masalahnya, kata Menteri Ekonomi Robert Habeck, Jumat (20/9).

VW mengatakan awal bulan ini bahwa mereka membutuhkan restrukturisasi yang signifikan agar tetap kompetitif. Perusahaan itu untuk pertama kalinya dalam 87 tahun sejarahnya, mempertimbangkan untuk menutup pabrik VW di Jerman.

Pengumuman itu mengejutkan para karyawan dan menambah kekhawatiran tentang industri mobil andalan Jerman itu karena bergulat dengan biaya tinggi, meningkatnya persaingan dari China, dan melemahnya permintaan untuk kendaraan listrik (EV).

"Sebagian besar tugas harus diselesaikan oleh Volkswagen sendiri," kata Habeck saat berkunjung ke pabrik VW di Emden di Jerman barat laut.

Ia menolak mengomentari laporan media bahwa ribuan pekerjaan dapat terancam di Volkswagen, dengan mengatakan bahwa ia "tidak dapat mencampuri" kebijakan perusahaan.

Namun, politisi dapat membantu sektor mobil dengan mencari cara untuk mengirimkan "sinyal pasar" yang tepat, kata Habeck, tanpa menyebutkan kemungkinan bantuan negara untuk Volkswagen.

Ia secara khusus menunjuk pada upaya untuk meningkatkan permintaan kendaraan listrik, dengan menegaskan bahwa kendaraan listrik "adalah masa depan."

Penjualan mobil bertenaga baterai anjlok di Jerman tahun ini setelah pemerintah menghapus subsidi, yang merupakan pukulan bagi produsen mobil yang telah berinvestasi besar dalam transisi dari bahan bakar fosil.

Berlin baru-baru ini menyusun rencana untuk memberikan keringanan pajak baru bagi mobil listrik perusahaan untuk membantu membalikkan keadaan, kata Habeck.

Menteri tersebut pada Senin (23/9)akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi dengan perwakilan dari industri mobil dan serikat pekerja untuk membahas kesulitan sektor tersebut.

Menggarisbawahi tantangan saat ini bagi produsen mobil, Mercedes-Benz pada hari Kamis menurunkan prospeknya untuk 2024 karena penjualan yang lemah di pasar utama China.

Saingan Jerman BMW juga memangkas panduan labanya awal bulan ini, dengan alasan permintaan yang lemah di China. [es/ft]