Menteri Lingkungan Brazil: G20 Harus Fokus pada Perubahan Iklim   

Foto dari udara yang menunjukkan area deforestasi pada hutan hujan Amazon di wilayah Cujubim, negara bagian Rondonia, di utara Brazil, yang diliputi asap, pada 20 Agustus 2024. (Foto: AFP/Evaristo Sa)

Menteri Lingkungan Hidup Brazil Marina Silva, pada Selasa (20/8), mengatakan bahwa salah satu prioritas pertemuan G20 mendatang adalah memastikan suhu dunia tidak naik lebih dari 1,5 derajat Celsius.

Dalam pertemuan persiapan KTT Sosial G20, Silva mengatakan, “G20 juga perlu menyelaraskan diri dengan misi ini, misi yang tidak membiarkan kenaikan suhu dunia melebihi 1,5 derajat Celsius.”

Ia juga mengingatkan bahwa kenaikan suhu dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan lingkungan hidup seperti banjir di negara bagian Rio Grande do Sul dan kebakaran di lahan basah Pantanal, selain kekeringan dan kebakaran hutan di Amazon.

BACA JUGA: Deforestasi di Hutan Hujan Amazon Brazil Diklaim Capai Level Terendah Sejak 2016

Para ilmuwan telah menetapkan 1,5 derajat Celsius sebagai ambang kenaikan suhu global, yang menggambarkan suhu rata-rata selama beberapa dekade. Jika melampaui ambang itu, para ilmuwan memperingatkan tentang dampak yang lebih ekstrem dan tidak dapat dipulihkan.

Dalam laporan bulan Juni, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan saat ini terdapat peluang sebesar 80% bahwa sedikitnya satu dari lima tahun mendatang akan menandai tahun kalender pertama dengan suhu rata-rata yang untuk sementara melebihi 1,5 derajat Celsius di atas tingkat praindustri – naik dari peluang 60% pada tahun lalu. [uh/ns]