Meski Lamban, Damkar Mulai Kendalikan Kebakaran di California

Petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api kebakaran lahan Saddle Ridge pada Jumat dini hari, di Porter Ranch, California, 11 Oktober 2019.

Para pemadam kebakaran mencapai kemajuan dalam mengendalikan kebakaran hutan di negara bagian California, AS bagian barat. Kebakaran hutan itu telah menewaskan satu orang, menghancurkan atau merusak puluhan bangunan, dan memaksa puluhan ribu orang mengungsi.

Kapten Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles Branden Silverman, Sabtu (12/10) pagi, mengatakan pemadam kebakaran berhasil mengendalikan 19 persen kebakaran di Los Angeles County, yang dijuluki kebakaran Saddleridge itu berkat suhu yang lebih rendah dan angin yang lebih tenang. Kebakaran merusak atau menghancurkan sedikitnya 31 bangunan, termasuk rumah-rumah penduduk.

Kebakaran itu, yang terpusat di Lembah San Fernando Valley di Los Angeles County, baru terkendali sekitar 13 persen pada Jumat (11/10), setelah menghanguskan lebih dari 3.000 hektare, kata para pejabat.

Pihak berwenang memerintahkan evakuasi wajib pada Sabtu (12/10) terhadap sekitar 100.000 warga yang menempati sekitar 23.000 rumah di suatu wilayah.

Penyebab kebakaran Saddleridge belum dipastikan, tapi para penyidik mengatakan mereka sedang menyelidiki laporan mengenai adanya percikan dari sebuah kabel listrik ketika kebakaran dimulai Kamis (10/10) malam. [vm/ft]