Meski Kandas Capai Final Piala Dunia, Tim Singa Atlas Tetap di Hati Rakyat Maroko

Penggemar Maroko tetap memberikan aplaus untuk Tim Singa Atlas setelah kekalahan mereka dari Prancis dalam laga dalam semifinal Piala Dunia pada 14 Desember 2022 dengan skor 0-2. (Yukihito Taguchi-USA Today Sports via Reuters)

Warga Maroko larut dalam kekecewaan menyusul terkuburnya mimpi Tim Singa Atlas untuk mengalahkan juara bertahan Prancis di babak semifinal Piala Dunia 2022 pada Rabu (14/12) waktu setempat. Namun di tengah kekecewaan itu, terselip rasa bangga di rakyat negara yang disebut dengan Al Maghrib Al Aqsa, bahwa tim mereka berhasil menembus semifinal Piala Dunia yang mengundang air mata kebahagiaan di seluruh dunia Afrika dan jazirah Arab.

Seorang pendukung Maroko tak dapat menyembunyikan kesedihannya saat Tim Singa Atlas kalah melawan Prancis dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 di Qatar. (Foto: REUTERS/Silvio Castellanos)

Di perhelatan Piala Dunia pertama yang diadakan di negara Arab, dan yang diawali dengan banyak kejutan, Maroko berhasil menjadi tim Arab pertama yang mencapai babak perempat final dan tim Afrika pertama yang mencapai semifinal.

Pemain Maroko bersujud setelah kalah 0-2 melawan Prancis dalam pertandingan semifinal Piala Dunia di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, Kamis, 15 Desember 2022. (Foto: AP/Natacha Pisarenko)

BACA JUGA: Prancis Selangkah Lagi Pertahankan Gelar Piala Dunia

Hujan menerpa Ibu Kota Rabat pada Rabu malam dan suasananya jauh dari kegembiraan dari kemenangan bersejarah pada turnamen-turnamen sebelumnya yang membawa Singa Atlas hampir mencapai final Piala Dunia, tim Arab atau Afrika pertama yang mencapai pencapaian tertinggi sejauh ini.

“Maroko telah membuat seluruh benua bangga,” kata Sidibey Zoumana, dari Pantai Gading, yang tinggal di negara itu sejak 2018.