Meski Terdapat Perbedaan, Biden Sambut Baik Kedatangan Modi

  • Associated Press

Perdana Menteri India Narendra Modi menyapa para pendukungnya ketika ia tiba di New York pada 20 Juni 2023. (Foto: AP/Eduardo Munoz Alvarez)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyambut baik Perdana Menteri India Narendra Modi yang melakukan kunjungan kenegaraan ke AS pada minggu ini. Biden tetap sangat menghormati India meskipun pemerintah Modi tidak sejalan terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina dan ketika para aktivis hak asasi manusia mengungkapkan kekhawatiran tentang keadaan demokrasi India.

Pemerintahan Biden melihat hubungannya dengan India sebagai hubungan yang menentukan, yang penting untuk menghadapi berbagai tantangan seperti perubahan iklim, kecerdasan buatan, dan keagresifan China di wilayah Indo-Pasifik.

BACA JUGA: Biden: Risiko yang Ditimbulkan AI terhadap Sektor Keamanan, Ekonomi Perlu Ditangani

"Kunjungan ini akan menegaskan kemitraan kita yang mendalam antar kedua negara dan ikatan hangat kekeluargaan dan persahabatan yang menghubungkan warga Amerika dan India," kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby.

“Ini juga memperkuat komitmen bersama kedua negara kita untuk Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, makmur, dan aman, dan tekad bersama kita untuk meningkatkan kemitraan teknologi strategis kita, termasuk dalam pertahanan, energi bersih, dan ruang angkasa,” kata Kirby.

Kunjungan Modi ke AS selama empat hari dimulai pada Selasa (20/6). Kunjungannya meliputi persinggahan di New York untuk bertemu dengan para pemimpin dan cendekiawan bisnis serta menghadiri sebuah acara yoga di gedung PBB. [my/jm]