231 Migran Diselamatkan dari Kapal Kayu Menuju Kepulauan Canary 

Sejumlah migran menunggu untuk turun dari perahu kayu di pelabuhan Arguineguin, Pulau Gran Canaria, Spanyol, pada 20 Oktober 2024. (Foto: Reuters/Borja Suarez)

Pasukan Penjaga Pantai Spanyol pada hari Minggu (20/10) mengumumkan lebih dari 200 migran telah diselamatkan dari sebuah perahu kayu di lautan lepas Kepulauan Canary.

Menurut salah seorang petugas, dari total 231 migran di dalam satu perahu yang sama, di antaranya terdapat empat belas perempuan dan tiga anak-anak.

Layanan darurat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa angka tersebut merupakan jumah terbesar yang pernah diselamatkan dari perahu yang sama di lepas pantai Gran Canaria tahun ini.

BACA JUGA: PM Spanyol: Eropa Membutuhkan Migrasi yang Tertib 

Para Penjaga Pantai Spanyol menarik perahu kayu tersebut ketika mereka menemukan para migran di dekat pelabuhan utama Gran Canaria.

Sebanyak 32.878 migran telah menempuh rute berbahaya dengan perahu dari Afrika Barat menuju Kepulauan Canary antara Januari dan 15 Oktober; menurut data pemerintah, angka itu mengalami peningkatan sebanyak 39,7% dari periode yang sama pada tahun lalu.

Rute Atlantik ke Kepulauan Canary telah mengalami lonjakan tercepat dalam migrasi yang tidak teratur dalam beberapa tahun terakhir meski jumlahnya masih di bawah para migran yang melewati rute Mediterania Tengah menuju Italia. [th/ka]