Militan Larang Vaksinasi Polio di Pakistan Barat Laut

Petugas Kesehatan Pakistan memberikan vaksinasi polio untuk anak-anak di Lahore, Pakistan (Foto: dok). Militan melarang para petugas kesehatan untuk memberikan vaksinasi polio di wilayah Pakistan barat laut.

Kelompok militan di Waziristan Utara, Pakistan barat laut, melarang kanpanye anti polio dan mengancam tim medis agar menyingkir dari wilayah itu.
Kelompok militan yang berbasis di Pakistan barat laut telah melarang kampanye anti polio di kawasan kesukuan itu dan memperingatkan tim medis agar menyingkir dari kawasan itu atau menghadapi konsekuensi.

Kelompok militan yang berpangkalan di Waziristan Utara dan dipimpin oleh Hafiz Gul Bahadur itu mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Sabtu bahwa larangan itu akan tetap berlaku sepanjang Amerika terus melancarkan serangan pesawat tanpa awak di Pakistan.

Pernyataan itu mengutip kasus dokter Pakistan Shakil Afridi yang dituduh melakukan kampanye vaksinasi palsu untuk membantu CIA mendapat sample DNA Osama bin Laden dan keluarganya untuk mengkonfirmasi kehadiran pemimpin al-Qaida itu di sebuah perumahan di kota Abbotabad. Pernyataan itu mengatakan program layanan kesehatan tersebut mungkin digunakan sebagai kedok mata-mata Amerika.

Pakistan merupakan salah satu dari sedikit negara dimana virus polio masih merupakan bahaya endemik.

Washington menolak tuduhan militan itu dan mengatakan pesawat-pesawat tanpa awak itu adalah cara yang paling efektif untuk menarget Taliban dan militan terkait al-Qaida di kawasan semi otonom di Pakistan barat laut itu.