Militan Serang Truk-truk NATO di Pakistan, 1 Tewas

Truk-truk NATO diserang militan di wilayah dekat perbatasan Pakistan-Afghanistan di provinsi Jalalabad, Afghanistan, 2 September 2013 (Foto: dok). Truk pengangkut pasukan minyak NATO dilaporkan diserang militan di kota Sorab provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya, Jumat (13/9).

Truk-truk pengangkut pasokan minyak NATO diserang militan di kota Sorab provinsi Baluchistan, Pakistan barat daya, Jumat (13/9).
Seorang pejabat kepolisian Pakistan, Mohammed Yousef mengatakan truk-truk yang mengangkut pasokan minyak NATO di Pakistan barat daya diserang granat, sebelum fajar hari Jumat (13/9).

Serangan yang diduga dilakukan militan tersebut terjadi di kota Sorab di provinsi Baluchistan,150 kilometer di sebelah selatan Quetta, ibukota provinsi itu.

Sembilan truk tangki minyak terbakar dalam serangan itu. Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi kecurigaan ditujukan pada militan Islamis yang telah melakukan banyak serangan terhadap truk-truk tangki minyak sejak perang di Afghanistan mulai terjadi.

Truk-truk yang mengangkut pasokan untuk pasukan NATO melakukan perjalanan dari kota pelabuhan Karachi, Pakistan selatan, dan menyeberang perbatasan di dua tempat berbeda, salah satunya di Baluchistan.