Militer AS Hancurkan Dua Drone di Laut Merah dan Teluk Aden 

Para anggota baru kelompok Houthi berkumpul dalam sebuah parade di Sanaa, Yaman, untuk menunjukkan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza, pada 7 Maret 2024. (Foto: Reuters/Khaled Abdullah)

Militer Amerika Serikat melaporkan pada hari Minggu (31/3) bahwa sehari sebelumnya mereka telah menghancurkan dua pesawat tanpa awak di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman karena dianggap mengancam kapal-kapal di wilayah tersebut.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukannya menembak jatuh salah satu drone di atas Laut Merah, dan satunya lagi dihancurkan di tempat di mana pesawat itu siap diluncurkan.

CENTCOM menyebutkan bahwa tindakan itu diperlukan untuk melindungi pasukan AS, memastikan kebebasan navigasi, dan membuat perairan internasional lebih aman dan terjamin bagi kapal-kapal AS, koalisi dan kapal-kapal dagang.

BACA JUGA: Kapal Tanker China di Laut Merah Disebut Terkena Rudal Houthi

Pada saat itu, Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris tidak melaporkan adanya ancaman terhadap kapal-kapal di wilayah tersebut.

Houthi sebelumnya telah melancarkan sejumlah serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah dan Teluk Aden dalam beberapa bulan terakhir, dan mengatakan bahwa tindakan mereka merupakan solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza akibat perang Israel-Hamas.

Serangan-serangan ini telah menyebabkan banyak perusahaan pelayaran komersial mengalihkan rute kapal-kapal mereka dari daerah tersebut, dan memilih menggunakan rute yang jauh lebih panjang dan mahal dengan mengelilingi benua Afrika. [ti/rs]