Muatan Pertama Susu Formula yang Diimpor dari Eropa Tiba di AS

Menteri Pertanian Tom Vilsack (kiri), menyapa awak C-17 yang mengantarkan susu formula bayi di Bandara Internasional Indianapolis di Indianapolis, Minggu, 22 Mei 2022.

Muatan pertama susu formula untuk bayi yang diimpor dari Eropa tiba Minggu (22/5) di Amerika Serikat dengan pesawat kargo Angkatan Udara AS. Impor itu untuk meredakan krisis pasokan yang membuat rak-rak toko di Amerika kehabisan beberapa merek tertentu dan sebagian pengecer menjatah stok bagi para orang tua yang cemas karena kesulitan untuk memenuhi nutrisi anak-anak mereka.

Menteri Pertanian AS Tom Vilsack berada di bandara di Indianapolis, Indiana untuk menyambut langsung kedatangan pesawat kargo AU AS itu.

Pengiriman pertama itu, yang disahkan oleh Presiden Joe Biden sebagai bagian dari upaya yang dijuluki “Operasi Terbang Formula” (“Operation Fly Formula”) untuk mengatasi kekurangan secara nasional, mencukupi untuk lebih dari setengah juta botol susu untuk bayi.

Van FedEx bersiap memuat palet susu formula bayi Nestle, yang dikirim dari Eropa dengan pesawat angkut Angkatan Udara AS, di Indianapolis, Indiana, AS 22 Mei 2022. REUTERS/Eric Cox

Formula Nestlé S.A. itu diturunkan ke truk-truk FedEx untuk dibawa ke pusat distribusi Nestlé terdekat, di mana perusahaan akan melakukan pemeriksaan pada kontrol standar kualitas sebelum pasokan didistribusikan ke rumah sakit, apotek, dan kantor dokter.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan Minggu malam bahwa Departemen Pertahanan telah menjadwalkan penerbangan kedua sebagai jawaban atas permintaan Departemen Pertanian AS untuk mengangkut susu formula Nestlé S.A. dari Pangkalan Udara Ramstein di Jerman ke Bandara Internasional Washington Dulles.

Regulator AS dan produsen susu formula Abbott Nutrition berharap akan bisa membuka kembali pabriknya di Michigan minggu depan tetapi kemungkinan akan memakan waktu dua bulan sebelum pengiriman formula pertama dilepas ke pasar. [lt/ab]