NASA: Data Seismik Mars Menunjukkan Indikasi Air dalam Jumlah Besar di Bawah Tanah Mars

FILE: Pemandangan seismometer InSight di permukaan Mars, dalam salah satu gambar terakhir yang diambil oleh wahana pendarat InSight Mars milik NASA, 11 Desember 2022. (NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS)

Menurut sebuah penelitian yang dirilis Senin (12/8) menggunakan data dari pendarat Mars InSight milik NASA menunjukkan bahwa terdapat cadangan air dalam jumlah besar yang mungkin berada jauh di bawah permukaan Mars.

Cadangan tersebut terletak sekitar 11,5 hingga 20 km di dalam batuan beku yang retak di bawah permukaan Mars, diperkirakan dapat menampung air yang cukup untuk mengisi samudra, menutupi seluruh permukaan planet tetangga Bumi ini.

Air dalam bentuk cair yang berada jauh di bawah permukaan planet keempat ini berpotensi menawarkan kondisi yang menguntungkan untuk mempertahankan kehidupan mikroba, baik di masa lalu maupun sekarang, kata para peneliti.

Pesawat pendarat Seismic Investigations, Geodesi, dan Transportasi Panas (InSight), yang telah berada di Planet Merah itu sejak 2018, telah mengukur data seismik selama empat tahun, meneliti bagaimana gempa mengguncang tanah dan menentukan bahan atau zat apa yang ada di bawah permukaan.

Penemuan ini memajukan pencarian kehidupan di luar Bumi dan menunjukkan apa yang mungkin terjadi pada lautan purba Mars. [th/jm]