Negara-Negara G7 Janjikan 20 Juta Dolar, Bantu Kawasan Amazon

Presiden Perancis, Emannuel Macron (kanan) dan Presiden Chile, Sebastian Pinera dalam konferensi pers KTT G7 di Biarritz, Perancis, 26 Agustus 2019.

Negara-negara G7 telah menyetujui dana $20 juta yang segera disediakan untuk membantu negara-negara di kawasan Amazon memerangi kebakaran hutan dan meluncurkan prakarsa global jangka panjang untuk melindungi hutan tropis.

Pengumuman itu disampaikan oleh Presiden Perancis Emmanuel Macron, tuan rumah pertemuan para pemimpin negara-negara anggota G7 tahun ini, dan Presiden Chili Sebastian Pinera. Macron mengatakan bahwa Amazon merupakan “paru-paru” planet bumi dan bahwa para pemimpin sedang mempelajari kemungkinan dukungan serupa di Afrika, yang juga menderita kebakaran di hutan tropisnya.

Macron mengatakan Amerika mendukung inisiatif tersebut, meskipun ia mengakui bahwa Presiden Amerika Donald Trump tidak menghadiri pertemuan kerja mengenai lingkungan hari Senin (26/8).

Satelit telah mencatat lebih dari 41.000 kebakaran di wilayah Amazon sejauh ini pada tahun ini, dan lebih dari setengahnya terjadi pada bulan Agustus ini. Para ahli mengatakan sebagian besar kebakaran terjadi ketika petani atau peternak membuka lahan pertanian dengan melakukan pembakaran. [lt/ab]