New Delhi Diselimuti Kabut Asap dan Kualitas Udaranya Sangat Buruk

Pengendara sepeda motor berkendara dengan mengenakan masker polusi di tengah kabut asap di New Delhi, India, Selasa, 7 November 2023. (Foto: AP)

Rekaman video dari drone di ibu kota India memperlihatkan kota New Delhi diselimuti kabut asap. Sementara itu, kualitas udara yang “sangat buruk” mengurangi jarak pandang pada Rabu (13/12).

Dewan Pengendali Polusi Pusat India menunjukkan bahwa kualitas udara berkisar di atas 350 di banyak bagian di New Delhi.

Angka indeks 0-50 dianggap menunjukkan kualitas udara bagus, angka di atas 100 menunjukkan kualitas udara yang tidak sehat bagi mereka yang memiliki masalah pernapasan. Sementara itu, angka antara 301-500 menunjukkan kualitas udara yang dianggap berbahaya.

New Delhi termasuk di antara kota-kota dengan polusi tertinggi di dunia setiap tahun menjelang awal musim dingin, ketika angin tenang dan suhu rendah memerangkap polutan dari berbagai sumber, di antaranya kendaraan, industri, debu konstruksi, dan residu panen yang dibakar di ladang-ladang di dekatnya. [uh/ab]