30 November 2021

Foto udara ini menunjukkan kastil Haut-Koenigsbourg di Orschwiller, Prancis timur tampak di antara pohon-pohon yang diselimuti salju setelah salju pertama turun di puncak Vosges. (Foto: AFP)

Orang-orang berjalan melewati pepohonan dan daun-daun yang telah gugur pada pagi hari musim gugur di taman Nishat Bagh di Srinagar, Kashmir-India. (Foto: AFP)

Orang-orang yang yang memakai masker berjalan melalui deretan pohon ginkgo di sepanjang trotoar saat pepohonan dan trotoar ditutupi dengan daun kuning cerah pada hari musim gugur yang cerah di Tokyo, Jepang. (Foto: AP)

Sebuah keluarga menghangatkan diri dengan api unggun sambil minum teh dekat tempat mereka berkemah di Herat, Afghanistan. (Foto: AP)

Seorang perempuan menutupi tangan seorang anak perempuan migran dengan masker wajah agar tetap hangat selama hujan salju di perbatasan Belarusia-Polandia, di wilayah Grodno, Belarus. (Foto: Reuters)

Sekelompok monyet berebut makan buah selama Festival Monyet tahunan, yang diadakan setelah dua tahun absen karena pandemi COVID-19, di provinsi Lopburi, Thailand (28/11). (Foto: Reuters)

Seorang pria Bali tampak "kesurupan" selama ritual sakral Hindu "Ngerebong" di Bali, Minggu (28/11) (Foto: Johannes P. Christo / Reuters).

Seorang anggota penjaga pantai Italia menggendong seorang bayi setelah operasi penyelamatan terhadap sebuah kapal yang membawa migran di Laut Mediterania, dekat Roccella Jonica, di lepas pantai Calabria, Italia. (Foto: Reuters)

Kapal-kapal nelayan Prancis memblokir pintu masuk ke pelabuhan Saint-Malo saat para nelayan memprotes pembatasan hak penangkapan ikan pasca-Brexit (Foto: AFP). 

Dua anak laki-laki tampak bermain kriket di pinggiran Islamabad, Pakistan. (Foto: AP /Rahmat Gul)

Para migran dibantu menuju ke darat dari kapal RNLI (Royal National Lifeboat Institution) di sebuah pantai di Dungeness, di pantai tenggara Inggris, setelah diselamatkan saat ketika melintasi Selat Inggris (24/11). (Foto: AFP)

Paus Fransiskus berfoto bersama sekelompok biarawati pada akhir audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan, Rabu (24/11) (Foto: AP). 

Seekor burung gagak (kanan) menyerang seekor burung kuntul di lapangan kriket di Stadion Kriket Internasional Galle di kota Galle, Sri Lanka. (Foto: AFP)

Seorang migran menggendong anaknya saat mereka menunggu untuk mendapatkan bantuan makanan selama hujan salju di luar pusat logistik di pos pemeriksaan "Kuznitsa" di perbatasan Belarus-Polandia dekat Grodno, Belarus (23/11). (Foto: AP)

Seorang pria memberi makan burung-burung camar dari tepi Terusan Landwehr saat matahari bersinar di distrik Kreuzberg, kota Berlin, Jerman (Foto: AFP).

Foto udara menunjukkan seorang perenang musim dingin tengah berenang di sebuah danau yang sebagian beku saat salju turun di taman kota Shenyang, provinsi Liaoning, China timur laut. (Foto: AFP)

Dua beruang kutub yang sedang bertarung tampak di dekat Teluk Hudson di kota Churchill, Manitoba, Kanada (20/11). (Foto: Reuters)

Anak-anak berkumpul di depan api unggun untuk menghangatkan badan, di kamp pengungsi Bardaqli di kota Dana, provinsi Idlib, ketika cuaca musim dingin mulai melanda wilayah di Suriah. (Foto: AFP) 

Seorang penjual dekorasi Natal dan Tahun Baru berbicara di telepon sambil menunggu pembeli di pasar Natal di kota Wina, di tengah lonjakan kasus COVID-19 di Austria dan Eropa (Foto: AP). 

Komunitas Muslim Polandia menguburkan jenazah seorang migran Yaman Mustafa Mohammed Murshed Al-Raimi, di Bohoniki, Polandia (21/11), yang meninggal dalam bentrokan antara migran dan pasukan penjaga perbatasan Polandia dekat perbatasan Belarus. (Foto: AP)

Gerhana bulan parsial yang berlangsung selama hampir 3,5 jam (yang terlama dalam sekitar 600 tahun terakhir) terlihat di atas kuil Gifu di kota Gifu, Jepang hari Jumat (19/11). (Foto: Kyodo via Reuters)

Seorang anak laki-laki merayakan skor saat dia bermain kriket dengan teman-temannya di taman Chaman-e-Hozori, Kabul, Afghanistan. (Foto: AP)

Gerhana bulan parsial yang berlangsung selama hampir 3,5 jam (yang terlama dalam sekitar 600 tahun terakhir) terlihat di atas Washington Monument di Washington, DC Jumat dini hari (19/11). (Foto: Reuters)

Anak-anak bermain ayunan di sebuah taman bermain di kota Karachi, Pakistan (19/11). (Foto: AP /Fareed Khan)

Seekor pelikan berbagi bangku dengan seorang pengendara sepeda di taman kota St James's Park di London, Inggris (17/11). (Foto: AP)

Kepiting merah yang melakukan migrasi menaiki jembatan di Pulau Christmas, Australia, dalam gambar yang diambil dari video yang diperoleh melalui media sosial Dinas Pertamanan Australia via Reuters. 

Orang-orang memberi makan burung camar dari perahu di sungai Yamuna, pada pagi hari yang berkabut di New Delhi, India (18/11) (Foto: Reuters). 

Seorang siswi berjalan melewati jembatan yang rusak akibat luapan sungai menyusul banjir di desa Jaranih, Hulu Sungai Tengah, provinsi Kalimantan Selatan (17/11). (Foto: Bayu Pratama S/Antara via Reuters)

Orang-orang menyalakan lilin pada peringatan 32 tahun "Revolusi Velvet" (Beludru) tahun 1989, di Praha, Republik Ceko, 17 November 2021. (Foto: Reuters)

Perajin Brazil Ana Paula Guimaraes mengerjakan boneka bayi "super realistis" (sangat mirip aslinya) di studionya di Contagem, Brazil. (Foto: AFP)

Seorang pria berjalan melewati seekor babi hutan, setelah pemerintah Hong Kong mengumumkan akan menangkap dan memusnahkan semua babi hutan yang ditemukan di daerah perkotaan. (Foto: Reuters)

Petir menyambar di dekat sekumpulan perahu Yacht saat terjadi badai petir di Montevideo, Uruguay. (Foto: AFP)

Seorang pria mengendarai sepeda di sepanjang tanggul laut melewati tongkang yang lepas dari tambatannya dan jatuh ke pantai kota Vancouver, setelah hujan badai menerjang provinsi British Columbia, Kanada. (Foto: Reuters)

Ribuan migran, sebagian besar dari Timur Tengah, tampak berkumpul di pos pemeriksaan "Kuznitsa" di perbatasan Belarus-Polandia dekat kota Grodno, Belarus sementara cuaca dingin mulai melanda Eropa. (Foto: AFP)

Orang-orang memadamkan api di mobil yang disebabkan oleh ledakan bom di dekat gedung Parlemen di Kampala, Uganda. Dua ledakan menghantam Kampala hari Selasa (16/11), melukai beberapa orang dalam apa yang disebut polisi sebagai serangan terhadap ibu kota Uganda itu. (Foto: AFP)

Seorang kurator kebun binatang menggunakan kayak mencoba menangkap seekor pelikan untuk dipindahkan ke kandang musim dingin di kebun binatang di Liberec, Republik Ceko (16/11) (Foto: AP). 

Tiga anak laki-laki bermain di dekat tumpukan sampah, yang sebagian besar adalah plastik, di permukiman pesisir Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau (15/11) (Foto: Teguh Prihatna/Antara Foto/via Reuters). 

Sebuah mobil tampak diparkir di antara pohon birch di hutan dekat kota Lipsk, Polandia, Senin (15/11) (Foto: AP). 

Warga antre untuk menerima vaksinasi COVID-19 di pusat vaksinasi di stasiun kereta bawah tanah Sadat, di Kairo, Mesir. (Foto: Reuters)

Pasukan Taliban menggelar parade militer menggunakan kendaraan-kendaraan lapis baja buatan Amerika dan helikopter Rusia yang mereka sita, di Kabul hari Minggu (14/11). (Foto: Reuters)

Para demonstran berlindung dari peluru karet saat bentrok dengan polisi selama aksi protes untuk menentang amandemen undang-undang lese majeste yang mengkriminalisasi kritikan terhadap monarki (kerajaan) , di Bangkok, Thailand Minggu (14/11). (Foto: Reuters)

Tiga anak perempuan menyaksikan asap hitam yang berasal dari kebakaran yang terjadi di unit penyimpanan bahan bakar di kompleks kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11), dalam foto ini diambil oleh Idhad Zakaria/Antara via Reuters. 

Matahari terbit di antara kabut tebal yang menyelimuti kota Frankfurt, Jerman, Jumat, 12 November 2021. (Foto: AP)

Atlet You Young dari Korea Selatan tampil dalam salah satu nomor seluncur indah putri pada Grand Prix Seluncur Indah di Tokyo, Jepang. (Foto: AP)

Seorang perempuan menggendong anaknya sambil duduk di kursi roda ketika ratusan migran, sebagian besar dari Timur Tengah, berkumpul di perbatasan Belarus-Polandia dekat Grodno, Belarus, Jumat, 12 November 2021. (Foto: AP)

Seorang anak Afghanistan sedang bekerja membuat batu bata tanah liat dengan cetakan di tempat pembakaran batu bata di Kandahar (11/11). (Foto: AFP)

Warga yang mengendarai sepeda motor memeriksa lokasi pasca serangan udara oleh pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi di kota Sanaa, Yaman (11/11). (Foto: Reuters)

Seorang pria Palestina berlari saat warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel selama aksi protes menentang pembangunan permukiman Yahudi Beit El, dekat Ramallah, Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki Israel, Kamis (11/11). (Foto: Reuters/Mohamad Torokman).

Roket SpaceX Falcon 9, yang membawa kapsul Crew Dragon dengan tiga astronot NASA dan satu astronaut Eropa (ESA) saat diluncurkan dalam misi ke Stasiun Atariksa Internasional (ISS) dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida (10/11) (Foto: Reuters).

Foto udara menunjukkan sebuah mobil melaju di sebuah jalan di Taman Nasional "Yedigoller" dekat distrik Bolu, Turki (Foto: AFP).

Seorang pria mendayung perahunya di Sungai Yamuna, yang dipenuhi oleh polutan busa kimia yang disebabkan oleh polusi industri selama festival keagamaan Chhath Puja di New Delhi, India (10/11). (Foto: AP)

Aktivis iklim berpakaian seperti karakter dalam serial Netflix "Squid Game" melakukan unjuk rasa mendesak Samsung untuk menggunakan energi terbarukan 100%, di luar lokasi KTT Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia (10/11). (Foto: Reuters)

Seorang anak perempuan bermain saat terjadi banjir rob di Pelabuhan Muara Angke di Jakarta, Selasa, 9 November 2021. (Foto: Tatan Syuflana / AP)

Seekor burung turdidae tampak memakan buah beri di pohon viburnum di pusat kota Moskow, Rusia(9/11) (Foto: AFP).

Refleksi dedaunan yang berwarna-warni tampak di sebuah danau Loch Faskally saat musim gugur yang berkabut di kota Pitlochry, Skotlandia, Inggris (9/11). (Foto: Reuters)

Seekor panda bermain di kandangnya setelah hujan salju melanda Xian, provinsi Shaanxi, China utara. (Foto: AFP)

Seorang perempuan India berdoa di tepi sungai Yamuna pada pagi yang berkabut di New Delhi. (Foto: Reuters)

Para migran, sebagian besar dari Timur Tengah, berkumpul di perbatasan Belarus-Polandia dekat kota Grodno, Belarus, Senin, 8 November 2021. (Foto: AP)

Peserta lomba balap mobil kuno yang menempuh jarak dari London ke Brighton tampak melintasi jembatan Westminster di London, Inggris. (Foto: Reuters)

Seorang pria menampung air minum dari keran di dalam rumahnya yang terendam banjir setelah hujan deras melanda Chennai, India (8/11). (Foto: Reuters)

Sebuah menara televisi terlihat di antara kabut tebal yang menyelimuti kota Frankfurt, Jerman, saat matahari terbit hari Sabtu, 6 November 2021. (Foto: AP)

Ribuan warga mengikuti upacara pemakaman seorang bocah Palestina Mohamed Dadis, yang menurut kementerian kesehatan Palestina tewas dibunuh oleh pasukan Israel selama bentrokan, di Nablus, di Tepi Barat yang diduduki Israel 6 November 2021. (Foto: Reuters)

Bangkai seekor paus yang mati tampak terdampar di pelabuhan Calais, Prancis utara (Foto: AFP). 

Seorang perempuan duduk bersama anak-anaknya di sebuah kamp untuk pengungsi internal di pinggiran kota Marib, Yaman, yang merupakan benteng terakhir pasukan pro-pemerintah di Yaman utara (Foto: AFP).

Anak-anak Palestina bermain ayunan di luar rumah mereka di sebuah kamp pengungsi di pantai Kota Gaza, Jalur Gaza. (Foto: Reuters) 

Para pengendara menaiki sepeda mereka di jalan raya utama dengan Museum of the Future dan Emirates Towers tampak di belakang mereka, pada saat acara tahunan "hari khusus sepeda" (5/11) yang diikuti hampir 33 ribu orang di Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: AP)

Seorang Nihang, atau pejuang Sikh, melakukan "Gatka", seni bela diri Sikh kuno, dalam perayaan festival keagamaan Sikh "Fateh Divas", sehari setelah festival Hindu Diwali, di Amritsar, India. (Foto: AFP)

Osman Abdulahi membawa ikan hasil tangkapannya di pantai Orobo di distrik Hamarweyne di Mogadishu, Somalia. (Foto: Reuters) 

Orang-orang berjalan di Lapangan San Marco yang populer bagi wisatawan dan tergenang banjir di Venesia, Italia (5/11), meningkatkan kekhawatiran akan dampak buruk perubahan iklim (Foto: AP). 

Seekor itik bernasib sial setelah dicengkeram seekor elang botak (bald eagle) dari sebuah danau di Olathe, Kansas. (Foto: AP)

Warga Hindu membawa daun pisang dengan sepeda motor mereka untuk menghias rumah selama perayaan festival cahaya "Diwali", di sebuah pasar di Hyderabad, India (4/11). (Foto: AFP)

Para wisatawan menyaksikan Gletser Perito Moreno di Taman Nasional Los Glaciares, dekat El Calafate, Argentina (Foto: AP).