Obama Doyan Makanan Tak Sehat

Pizza menjadi salah satu makanan kegemaran Presiden Obama. Di saat berlangsungnya kampanye, makanan seperti pizza dan burger sudah menjadi bagian dari acara temu muka masyarakat setempat.

Sejak menjabat, Presiden Obama telah beberapa kali tertangkap kamera sedang melahap makanan menggemukkan.

Masyarakat Indonesia mungkin sudah pernah mendengar Presiden Amerika Barack Obama merindukan bakso, nasi goreng dan rambutan. Tapi di negerinya sendiri, apa yang menjadi jajajan kegemarannya?

Ternyata seperti kebanyakan orang, presiden yang terkenal langsing dan bugar ini juga doyan makanan tak sehat. “Kalian pasti pikir ia (Obama) hanya makan wortel dan seledri. Tapi dia sebetulnya sering makan cheeseburger, kentang goreng dan pie,” kata Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs kepada wartawan suatu hari.

Beberapa hari sebelum dilantik presiden, Obama mengunjungi Ben's Chili Bowl di Washington DC, bersama Walikota District of Columbia, Adrian Fenty (kiri).

Sejak menjabat, Presiden Obama telah beberapa kali tertangkap kamera sedang melahap makanan menggemukkan. Bulan Mei tahun lalu misalnya, ia dan Wakil Presiden Joe Biden makan siang di sebuah kedai burger dekat Washington DC. Ia juga pernah mengunjungi “Ben’s Chili Bowl,” sebuah rumah makan terkenal di ibukota Washington untuk jajan hot dog dan chili. Bahkan, Presiden Obama pernah mengundang orang minum bir bersama di Gedung Putih. Menurut Gibbs, dalam kesempatan itu Obama menenggak bir Bud Light dari negara bagian Missouri.

Ketika kampanye sebelum terpilih menjadi presiden pun, makanan seperti pizza dan burger sudah menjadi bagian dari acara temu muka masyarakat setempat.

Selain perihal selera pribadi, politik juga mempengaruhi pilihan menu tersebut. Presiden yang tertangkap kamera melahap makanan khas Amerika, tentunya akan tampil lebih merakyat. Tapi, kini Presiden Obama harus membayar akibatnya.

Pemeriksaan kesehatan terakhir menunjukkan kadar kolesterol Presiden Obama melonjak dari 96 menjadi 138. Namun ini bisa jadi lebih dipicu stress, dibandingkan dengan pola makan tidak sehat. Menurut Ibu Negara Michelle Obama, sang Presiden sudah cukup disiplin soal makanan.

“Ia lebih disiplin dari saya soal makanan. Ia suka membuat saya malu karena saya makan pencuci mulut dan ia menolak karena sudah makan pencuci mulut kemarin,” kata Michelle.

Memang tidak mudah mengendalikan diri, apalagi jika memiliki koki berkaliber internasional seperti Juru Masak Gedung Putih Cristeta Comerford. Namun Presiden Obama sudah berjanji untuk semakin mengurangi pencuci mulut, apalagi yang sarat lemak dan gula.