Operasi Pencarian Dua Pendaki Eropa di ‘’Killer Mountain’’ Ditingkatkan

  • Associated Press

Karrar Haidri, sekretaris Alpine Club Pakistan menunjukkan foto dua pendaki Eropa yang hilang, Tom Ballard dari Inggris (kanan) dan Daniele Nardi dari Italia, di Islamabad, Pakistan, Senin, 4 Maret 2019.

Dengan menggunakan beberapa pesawat nirawak atau drones, para pendaki gunung asal Spanyol dan Pakistan, Selasa (5/3), mengintensifkan pencarian dua pendaki gunung Eropa yang hilang lebih dari satu minggu lalu di salah salah satu dari sembilan gunung tertinggi di dunia.

Seperti dilansir Associated Press, operasi pencarian untuk menemukan pendaki Italia Daniele Nardi dan pendaki Inggris Tom Ballard yang hilang lebih dari satu minggu lalu di Nanga Parbat hingga Senin sore (4/3) tidak membuahkan hasil. Nanga Parbat dikenal sebagai ‘’Killer Mountain’’ karena kondisinya yang berbahaya. Meskipun banyak yang khawatir bahwa keduanya mungkin telah meninggal dunia, operasi pencarian diintensifkan kembali pada Selasa dan tampaknya akan dilanjutkan pada Rabu (6/3).

Salah seorang pejabat ‘’Alpine Club’’ di Pakistan, Karrar Haidri, mengatakan meskipun Nardi dan Ballard sudah hilang lebih dari satu minggu, operasi pencarian akan tetap dilanjutkan karena ‘’keajaiban kerap terjadi dan pernah terjadi dalam beberapa insiden serupa di masa lalu.’’

Haidri mengatakan keluarga pendaki yang hilang itu sudah diberitahu tentang operasi pencarian tersebut dan mereka berupaya mengumpulkan dana untuk membantu membiayai operasi tersebut. Militer Pakistan juga telah menyediakan beberapa helikopter untuk menyisir kawasan itu dari kota Skardu di bagian utara Pakistan.

Duta Besar Italia Untuk Pakistan Stefano Pontecorvo, Selasa, mencuit tentang operasi pencarian itu dan penggunaan beberapa pesawat nirawak. Ia memuji para pendaki gunung Pakistan dan Spanyol yang berupaya melacak Nardi dan Ballard tanpa kenal lelah.

Hilangnya Ballard di gunung yang memiliki ketinggian 26.660 meter itu memukul Skotlandia, terutama karena ia adalah putra Alison Hargreaves, perempuan pertama yang melakukan pendakian solo Gunung Everest.

Ballard dilahirkan di Inggris dan dibesarkan di Skotlandia. Hargreaves meninggal pada usia 33 tahun ketika mendaki puncak K2, yang merupakan bagian dari jajaran Karakoram di perbatasan Pakistan, India dan China. Jajaran Karakoram adalah bagian Pegunungan Himalaya yang paling rumit. [em]