Otoritas New York Gunakan Drone untuk Pantau Hiu

Sebuah drone tampak dioperasikan di pantai Jones di Wantagh, New York untuk memantau ancaman hiu terhadap pengunjung pantai.

Di lepas pantai Long Island, New York, drone-drone digunakan untuk menyisir lautan, berpatroli di air guna memantau bahaya yang mungkin mengintai di lepas pantai, ketika para petugas dan pengunjung pantai harus semakin waspada akibat serangkaian serangan hiu terhadap manusia baru-baru ini.

Sejak beberapa minggu lalu, lima orang dilaporkan digigit ikan hiu di beberapa pantai paling populer di New York, mendorong para petugas pantai untuk sementara waktu melarang orang yang bermain di pantai untuk berenang di laut.

Pada HUT kemerdekaan AS tanggal empat Juli lalu, drone melihat sekelompok 50 hiu jenis Sand Shark di lepas pantai, mendorong pihak berwenang untuk menutup sementara satu pantai.

Hanya beberapa tahun lalu, jarang terjadi hiu menyerang manusia. Namun baru-baru ini, laporan tentang orang yang digigit hiu telah berkembang. Tahun lalu, delapan orang dilaporkan digigit hiu yang berenang di dekat pantai Long Island.

George Gorman, direktur regional Kantor Taman Negara Bagian New York mengatakan, “Sebelum lima tahun lalu, tidak pernah terpikir akan melihat hiu,”.

Para pengunjung pantai menikmati selancar di pantai Long Island, New York di mana serangan hiu terhadap manusia semakin sering terjadi.

Gorman menambahkan, tiga tahun lalu kantornya memulai program drone yang telah membantu deteksi dini. Tahun ini Gubernur New York Kathy Hochul mengumumkan tambahan dana dari negara bagian untuk membeli drone yang lebih canggih guna membantu memantau hiu.

Pengawas pantai di Jones Beach mengatakan, "Jadi, memiliki pandangan ini, seperti yang sering kita katakan 'mata kita di langit' memberi kami titik pandang yang sama sekali berbeda sebagai penjaga pantai daripada biasanya."

Sekitar selusin spesies hiu berenang di lepas pantai Long Island, tidak seekor pun dari mereka yang dianggap sangat ganas - meskipun Hiu Putih Besar yang tinggal di perairan lebih dalam, namun jarang terlihat, juga diketahui mendekati pantai.

Your browser doesn’t support HTML5

Imbauan Waspadai Hiu saat Berwisata Pantai

Florida paling banyak mengalami pertemuan manusia dengan hiu, 16 kali tahun lalu, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan di New York, menurut data yang dikumpulkan oleh Arsip Serangan Hiu Internasional, yang melacak penampakan hiu di seluruh dunia.

Sebelum tahun 2022, New York hanya mencatat selusin serangan gigitan hiu yang mendadak. Selama 10 tahun terakhir, hanya ada empat orang yang digigit hiu. Enam dari gigitan tahun lalu terjadi selama rentang tiga minggu Juli ini.

Hiu Pasir atau Sand Shark mungkin tampak menakutkan, dengan giginya yang tajam dan bergerigi, tetapi biasanya jinak dan menghindari kontak dengan manusia.

Pembiakan hiu muda terdapat di Fire Island, New York. [ps/jm]