Para Pemimpin Siprus Lanjutkan Negosiasi Utang

Warga Siprus antri di sebuah ATM di luar kantor cabang bank Laiki di Nicosia, Siprus (21/3). Bank-bank di Siprus masih tutup pekan ini untuk mencegah para nasabah yang panik menarik tabungan mereka.

Para pejabat Siprus mengadakan pertemuan kembali hari Kamis (21/3) dalam usaha mencari rencana alternatif untuk menggalang dana $7,5 miliar.
Setelah parlemen Siprus menolak usulan untuk membebankan pajak sebesar 10 persen atas tabungan warga, para pejabat Siprus kembali berupaya menggalang dana untuk memastikan pengucuran dana talangan dari Uni Eropa.

Bank Sentral Eropa Kamis (21/3) memperingatkan akan membatalkan pemberian dana talangan untuk Siprus jika rencana baru tersebut tidak disepakati sebelum hari Senin.

Bank-bank masih tutup pekan ini untuk mencegah para investor yang panik menarik tabungan mereka.

Sementara itu. Menteri Keuangan Siprus Michael Sarris berada di Moskow dalam usaha mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang Rusia untuk meminjam $ 6,6 miliar dan mendapatkan bunga yang lebih rendah untuk utang $ 3 miliar yang ditanggung Siprus. Menurut Sarris, para pejabat membahas beragam pilihan yang mencakup sektor perbankan dan sektor energi, Kamis (21/3).