Pakar: Balon China Bertujuan Pengaruhi Pemilu Taiwan  

Sejumlah kapal militer Taiwan tampak di Keelung Harbor, Taiwan, 4 Agustus 2023. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mendeteksi tiga balon lagi dari China terbang di atas Selat Taiwan pada Senin, 8 Januari 2024. (Foto: Johnson Lai/AP Photo)

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya mendeteksi tiga balon lagi dari daratan China yang terbang di atas Selat Taiwan pada Senin (8/1), yang terbaru dari serentetan balon yang ditemukan kementerian tersebut selama sebulan terakhir.

Sejak Desember, Kementerian Pertahanan mengatakan pihaknya mendeteksi hampir 20 balon udara China melintasi garis tengah Selat Taiwan, banyak di antaranya terbang di atas Taiwan, dan tiga balon dalam seminggu terakhir bahkan melewati pangkalan militer penting.

Kementerian Pertahanan Taiwan pada Sabtu (6/1) menuduh Beijing mengancam keselamatan penerbangan sipil dan melancarkan perang psikologis dengan balon-balon tersebut menjelang pemilihan presiden di pulau itu pada 13 Januari.

Ketika ditanya pada Senin (8/1) apakah balon-balon tersebut menimbulkan ancaman terhadap penerbangan sipil internasional, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan kepada Reuters, "Saya tidak mengetahui secara spesifik yang Anda sebutkan, dan itu tidak terkait dengan urusan luar negeri China."

Sebuah pesawat jet tempur AS terbang di dekat sisa balon besar yang ditembak rudal di atas Samudera Atlantik, di lepas pantai South Carolina, AS, 4 Februari 2022. (Foto: Chad Fish via AP)

Beberapa ahli percaya bahwa balon-balon yang dibuat China adalah bagian dari upaya Beijing untuk mempengaruhi pemilu tersebut.

Michael Mazza, direktur senior di kelompok penelitian nirlaba Project 2049 Institute yang berbasis di Virginia, mengatakan balon-balon yang terbang di ketinggian tersebut menambah jumlah pesawat militer dan kapal perang China di sekitar Taiwan.

“Dugaan saya adalah China berupaya mempengaruhi pemilu,” katanya kepada VOA melalui email.

“Mengirimkan tiga balon langsung ke Taiwan adalah sebuah peringatan. China mengatakan bahwa mereka bersedia secara terang-terangan melanggar perbatasan Taiwan,” tambah Mazza.

“Dengan melakukan hal ini, mereka telah melewati ambang batas; eskalasi lebih lanjut dapat melibatkan tindakan yang lebih mengancam di langit Taiwan. Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat Taiwan adalah: keadaan bisa saja menjadi lebih buruk, namun Anda dapat memilih untuk membuat keadaan menjadi lebih baik.”

BACA JUGA: China Peringatkan Soal Kemerdekaan Jelang Pilpres Taiwan

William Lai dari Partai Progresif Demokratik yang berhaluan kemerdekaan adalah kandidat unggulan dalam persaingan tersebut, yang mencakup Hou Yu-ih dari Partai Nasionalis atau dikenal sebagai Kuomintan (KMT) dan kandidat pihak ketiga Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan. KMT terkenal lebih ramah terhadap Beijing.

Brian Hart, peneliti China Power Project di Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Washington, kepada VOA pada sebuah acara pada 5 Januari mengatakan bahwa sepanjang tahun ini, China telah menggunakan jenis-jenis kegiatan baru, termasuk peningkatan penggunaan energi listrik. drone, untuk mengelilingi pulau itu.

“Mereka menggunakan berbagai taktik berbeda untuk mengancam Taiwan dan memberikan tekanan pada pemerintahan [Presiden Tsai Ing-wen],” katanya kepada VOA.

“Jadi, saya pikir kita akan melihat hal itu terus berlanjut pada tingkat yang berbeda-beda. Dan saya kira , jika Lai memenangkan kursi kepresidenan, ada kemungkinan besar bahwa Beijing akan meningkatkan aktivitas tersebut di masa depan."

Para pendukung William Lai, kandidat presiden dari Partai Demokratik Progresif meneriakkan slogan-slogan dukungan dalam kampanye di New Taipei City, Taiwan, 6 Januari 2024. (Foto: Chiang Ying-ying/AP Photo)

Balon-balon China menjadi berita utama internasional pada Februari ketika AS menembak jatuh balon tersebut setelah memasuki wilayah udara AS dan terbang melintasi AS. Beijing membantah menggunakan balon untuk memata-matai dan mengatakan balon tersebut hanyalah balon cuaca yang menyimpang dari jalur penerbangan mereka.

Raymond Kuo, direktur Inisiatif Kebijakan Taiwan RAND Corporation, mengatakan “penerbangan balon ini sejalan dengan strategi pemaksaan zona abu-abu China terhadap Taiwan.”

“Balon-balon tersebut bergerak pada ketinggian yang sangat tinggi, sehingga sulit untuk ditembak jatuh,” tulisnya melalui email.

“Balon-balon itu juga merupakan platform pengumpulan intelijen yang relatif baik, mampu bergerak perlahan di suatu wilayah dan mungkin menangkap informasi secara rinci.”

BACA JUGA: Bagaimana Taiwan Persiapkan Diri jika China Lakukan Serangan

Beijing, kata Kuo, balon-balon tersebut membuktikan bahwa China dapat melanggar wilayah udara Taiwan sesuka hati dan menantang kedaulatannya, sehingga menurunkan moral penduduk Taiwan pada pemilu mendatang.

Namun, Kuo mengatakan dia ragu bahwa taktik China akan efektif, karena Taipei dapat menggunakan insiden ini untuk mendorong hubungan keamanan yang lebih erat dengan AS dan mitra Asia lainnya.

“Balon-balon China juga telah melintasi wilayah udara negara-negara tersebut, dan respons multinasional dapat meningkatkan profil internasional Taiwan dan menunjukkan kepada Beijing akibat dari serangan ini.”

Su Tzu-yun, pakar militer di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional yang berbasis di Taipei, mengatakan Taiwan telah berhati-hati sejauh ini, tetapi mungkin memutuskan untuk menembak jatuh balon-balon tersebut.

“Yang dilakukan pemerintah Taiwan saat ini adalah mempertanggungjawabkan wilayahnya sesuai amanat hukum internasional,” ujarnya.

“Selain itu, hal ini menunjukkan kepada warga Taiwan bahwa pemerintah dapat mendeteksi jenis ancaman ini dan mengidentifikasi tingkat risiko yang ditimbulkan oleh balon tersebut terhadap Taiwan.”

Sejumlah pengunjung di Balai Peringatan Chiang Kai-shek di Taipei, Taiwan, 9 Oktober 2022. Meski Pemerintah Taiwan berupaya melawan aksi militer China, tetapi banyak orang Taiwan tidak merasak ancaman itu. (Foto: Chiang Ying-ying/AP Photo)

Su juga mengatakan sikap menahan diri yang dilakukan Taipei adalah bukti deteksi ancaman yang terukur.

“Taiwan menunjukkan seni dalam menentukan tingkat respons yang tepat terhadap ancaman,” katanya.

“Ini tidak berarti Taiwan tidak mempunyai keuntungan. Ketika balon-balon tersebut mulai menimbulkan ancaman bagi Taiwan, pihak berwenang perlu mengambil tindakan tegas untuk menembak jatuh balon-balon tersebut.”

China, negara dengan satu partai telah mengklaim Taiwan yang memerintah sendiri sebagai bagian dari wilayahnya sejak perang saudara China berakhir pada 1949 ketika kaum nasionalis yang kalah melarikan diri ke pulau tersebut.

Amerika Serikat (AS) sejak 1979 telah menjunjung kebijakan “Satu China” yang secara resmi memutuskan hubungan diplomatik dengan Taipei dan mengakui pemerintahan di Beijing – namun juga memiliki Undang-Undang Hubungan Taiwan yang mendukung hak Taiwan untuk memiliki pemerintahan sendiri.

Dalam jumpa pers pada 4 Januari, Koordinator Dewan Keamanan Nasional AS untuk Komunikasi Strategis John Kirby menegaskan kembali dukungan Washington terhadap demokrasi dan lembaga demokrasi Taiwan dan mendesak siapa pun di luar Taiwan untuk tidak ikut campur dalam kemampuan Taiwan untuk menyelenggarakan pemilu demokratis yang bebas dan adil. [my/ft]