Pakistan Uji Coba Misil Nuklir

Peluncuran misil Ballistic Shaheen III dari sebuah tempat yang dirahasiakan, 11 December 2015 (Foto: AFP PHOTO / HO / INTER SERVICES PUBLIC RELATIONS)

Pakistan menembakkan rudal berkemampuan nuklir hari Jumat (11/12), hanya dua hari setelah menjadi tuan rumah konferensi perdamaian regional dengan musuh besarnya, India.

Militer Pakistan mengatakan rudal balistik darat-ke darat Shaheen III memiliki jangkauan 2.750 kilometer dan dapat membawa hulu ledak nuklir atau konvensional.

Menurut militer Pakistan, uji coba tersebut sebagai validasi terhadap “berbagai desain dan parameter teknis sistem senjata itu.”

Pihak militer tidak mengungkapkan lokasi uji coba tersebut, tetapi titik imbasnya adalah Laut Arab.

Jenderal Mazhar Jamil, Kepala Divisi Rencana Strategis, mengatakan “Pakistan menginginkan koeksistensi damai di kawasan itu di mana senjata nuklir sebagai pencegahaan akan semakin memperkuat stabilitas strategis di Asia Selatan.”

Pakistan dan India secara rutin mengadakan uji coba nuklir dan biasanya saling memberitahu sebelumnya.

Kedua negara tetangga itu telah terlibat dalam tiga kali perang, dua di antaranya karena wilayah Kashmir yang terbagi, yang masih menjadi sumber utama ketegangan regional. [lt]