Panda China Tiba Kebun Binatang Nasional di Washington, DC 

Dua panda raksasa yang dikirim dari Pusat Penangkaran Panda Chengdu, China tiba di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, DC, AS, Selasa 15 Oktober 2024.

Sebelas bulan setelah kebun binatang nasional Washington, DC mengirimkan kembali tiga panda yang sangat popular, yaitu Mei Xiang, Tian Tian dan anaknya Xiao Qi Ji ke China, kini sepasang beruang baru tiba di Amerika hari Selasa (15/10). Panda itu diangkut dari Bandara Internasional Dulles di pinggiran kota Virginia ke kebun binatang di ibu kota AS, Washington, DC.

Sepasang panda raksasa berumur tiga tahun itu bernama Bao Li dan Qing Bao, meninggalkan fasilitas penelitian di kota Dujiangyan di barat daya China hari Senin dan diterbangkan ke Washington DC, menurut pernyataan Persatuan Pelestarian Margasatwa China.

“Makanan yang disiapkan untuk perjalanan itu termasuk roti jagung, bambu dan wortel, serta air dan obat-obatan,” kata pernyataan itu.

Juga ditambahkan, kemitraan ini akan “memberikan sumbangan baru dalam melindungi keanekaragaman hayati dunia dan meningkatkan persahabatan kedua negara."

Qing Bao, salah satu panda yang dikirimkan dari China untuk Kebun Binatang Washington, DC.

Kedua panda itu tiba di Washington hari Selasa, namun kemungkinan besar akan ada masa karantina dan penyesuaian yang diperpanjang, sebelum kedua panda itu diperkenalkan ke publik. Pada Senin malam, situs kebun binatang memuat pengumuman bahwa seluruh fasilitas akan ditutup hari Selasa, tanpa memberi alasan. Artikel utama di situs itu masih mengatakan, panda akan datang sebelum akhir tahun.

Bao Li yang dalam Bahasa Tionghoa artinya tenaga berharga dan Qing Bao, artinya harta karun itu, tiba di Washington sebagai bagian perjanjian baru 10 tahun dengan otoritas China. Kesepakatan sebelumnya berakhir tahun lalu, sehingga menimbulkan kecemasan di kalangan pecinta panda Amerika, bahwa Beijing secara bertahap menarik duta persahabatan yang berbulu itu dari kebun binatang Amerika, di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik.

Pasangan panda yang dikembangbiakkan di kebun binatang Memphis dan San Diego, juga kembali ke China lebih awal dan empat panda di kebun binatang Atlanta pulang ke China pekan lalu.

Kecemasan berubah menjadi optimisme pada bulan November tahun lalu, ketika Presiden China Xi Jinping secara terbuka menyatakan keinginannya untuk melanjutkan program pertukaran panda. Tahun ini, sepasang beruang baru telah dikirim ke Kebun Binatang San Diego, sementara sepasang lainnya dijanjikan ke San Francisco. [ps/jm]