Partai Bergerak Maju Thailand Yakin Raih Dukungan Lebih Banyak untuk Bentuk Pemerintah Koalisi

Pemimpin Partai Bergerak Maju dan calon perdana menteri Pita Limjaroenrat memimpin parade kemenangan bersama sesama anggota partai dan pendukung di luar Balai Kota Bangkok pada 15 Mei 2023. (Foto: AFP)

Pita Limjaroenrat, pemimpin partai progresif Bergerak Maju yang meraih kemenangan mengejutkan dalam pemilu Thailand pekan ini, Kamis (18/5), mengatakan ia yakin akan menggalang lebih banyak dukungan dan mampu membentuk pemerintah yang stabil dan seimbang.

“Koalisi saya mulai terbentuk dengan kokoh. Ada momentum. Ada kemajuan dan kami juga memiliki peta jalan yang sangat jelas mulai hari ini hingga hari ketika saya menjadi perdana menteri,” kata Pita pada konferensi pers. Bergerak Maju merupakan bagian dari aliansi delapan partai dengan sekitar 313 dari 500 kursi di majelis rendah.

Tantangan bagi aliansi tersebut adalah meraih suara dari 250 anggota majelis tinggi, Senat, majelis yang ditunjuk junta setelah kudeta 2014 dan memiliki catatan berpihak pada partai-partai yang didukung militer.

Aliansi Pita mengalami pukulan pada Rabu malam sewaktu Bhumjaithai, partai di tempat ketiga yang diproyeksikan meraih 70 kursi, mengisyaratkan tidak akan mendukung perdana menteri mana pun yang mendukung amendemen atau penghapusan UU lese-majeste, yang dikampanyekan oleh Bergerak Maju. [uh/lt]