Pasca Badai Ian, 1.600 Diselamatkan di Florida

Orang-orang berdiri di jembatan yang hancur ke Pulau Pinus saat mereka melihat kerusakan yang disebabkan oleh Badai Ian di Matlacha, Florida, pada hari Minggu, 2 Oktober 2022. (Foto: AP/Gerald Herbert)

Badai Ian tidak lagi menerjang Florida, tetapi dampak kekuatannya akan terasa untuk beberapa waktu.

Sampai Minggu (2/10) malam, lebih dari 1.600 orang telah diselamatkan di seluruh negara bagian itu dan puluhan orang dilaporkan tewas. Pekerja darurat pergi dari pintu ke pintu mencari korban dan mayat.

Sebagian besar kematian telah dicatat di Lee County, yang tidak berada dalam jalur badai dalam prakiraan pertama untuk lintasan badai. Namun, Ian bergerak ke timur laut melintasi Florida ke sisi Samudra Atlantik negara bagian itu dan kemudian membelok ke utara dan menggalang kekuatan baru di atas air laut yang hangat dan membuat pendaratan kedua di South Carolina. Sisa-sisa Ian juga terasa di Virginia, memaksa Kota Chincoteague, Minggu, mengumumkan keadaan darurat.

Sebuah foto udara yang diambil pada 1 Oktober 2022 menunjukkan bagian yang rusak dari Pine Island Road, puing-puing dan rumah-rumah yang hancur setelah Badai Ian di Matlacha, Florida. (Foto: AFP)

Gubernur Florida Rod DeSantis pada Minggu mengatakan 42.000 petugas listrik telah dikerahkan untuk menanggapi lebih dari 840.000 pemadaman listrik. Sejauh ini, kata DeSantis, listrik pulih di lebih dari 1,8 juta pelanggan di seluruh negara bagian itu.

Juga Minggu, Casey DeSantis, istri gubernur, mengumumkan Dana Bencana Florida telah mengumpulkan lebih dari $21 juta dalam 48 jam. Dana tersebut, kata kantor gubernur, adalah “dana swasta resmi Florida untuk memberi bantuan keuangan kepada komunitas sementara mereka merespons dan pulih dari masa darurat atau bencana.”

Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden akan melakukan perjalanan ke Florida, Rabu. Pada Senin, mereka ke Puerto Rico, yang bulan lalu dilanda Badai Fiona. [ka/ab]