Pasukan AS Tewaskan 2 'Pejabat' ISIS dalam Serangan di Suriah

Sejumlah Pasukan Demokratik Suriah tengah mencari anggota militan kelompok teroris IS dalam sebuah operasi di Hassakeh, Suriah, pada 28 Januari 2022. (Foto: AP/Baderkhan Ahma)

Pasukan Amerika Serikat menewaskan dua "pejabat" ISIS dalam serangan semalaman di wilayah Suriah timur, kata Komando Pusat AS pada Minggu (11/12).

Pasukan itu "melakukan serangan helikopter yang sukses di Suriah timur pada pukul 2:57 pagi (2357 GMT) ... menewaskan dua pejabat ISIS," kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan lokasi yang lebih spesifik.

BACA JUGA: Pekerja Bantuan Jerman Dibebaskan Setelah 4,5 Tahun Disandera

CENTCOM mengidentifikasi salah satu dari mereka yang terbunuh sebagai "Anas," seorang "pejabat provinsi Suriah" ISIS yang terlibat dalam "operasi perencanaan dan fasilitasi di Suriah timur," demikian menurut pernyataan itu.

Pemantau perang, Pengawas HAM Suriah, mengatakan itu adalah operasi anti-ISIS yang "paling menonjol" selama setidaknya dalam tiga minggu terakhir.

Kepala Pengawas HAM Suriah, Rami Abdel Rahman, mengatakan unit anti-terorisme Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi juga ambil bagian dalam operasi pada Minggu (11/12), mengidentifikasi desa Al-Zor di provinsi Deir el-Zour timur sebagai daerah sasaran.

CENTCOM menyebutnya sebagai "operasi sepihak," dan menambahkan bahwa "penilaian awal menunjukkan tidak ada warga sipil yang terbunuh atau terluka."

BACA JUGA: Pakistan Tewaskan 4 Penyusup ISIS-K dari Afghanistan

Amerika Serikat mendukung SDF, yang merupakan tentara de facto Kurdi di Suriah utara dan memimpin pertempuran yang mengusir ISIS dari sisa-sisa wilayah terakhirnya di Suriah pada tahun 2019.

Ratusan pasukan Amerika tetap berada di Suriah sebagai bagian dari koalisi internasional yang memerangi sisa-sisa ISIS. [vm/jm]