Pasukan Israel Klaim Temukan 'Jaringan Terowongan Luas' di Gaza

  • Associated Press

Pasukan Israel berada di dalam sebuah terowongan di Jalur Gaza pada 15 Desember 2023. Mereka menyebut terowongan itu telah digunakan Hamas untuk menyerang perbatasan Erez di utara Jalur Gaza. (Foto: AP/Ariel Schalit)

Pihak militer Israel, pada Rabu (201/12), mengatakan mereka telah menemukan “jaringan terowongan yang luas” di bawah Kota Gaza. Mereka mengklaim terowongan tersebut telah digunakan Hamas.

Mereka mengatakan telah menemukan posisi komando dan kontrol, ruang-ruang rapat dan apartemen persembunyian bagi para pemimpin paling senior Hamas, termasuk Yahya Sinwar dan Ismail Haniyeh.

Peter Lerner, juru bicara militer Israel, menyatakan bahwa ruangan-ruangan itu berada 20 meter di bawah tanah, dilengkapi lift, tangga, saluran air dan listrik terpisah.

BACA JUGA: Rencana AS Berdayakan Otoritas Palestina Mendapat Penolakan Israel 

Di dalam ruang-ruang itu terdapat air, makanan, senjata, dan peralatan komunikasi untuk masa tinggal yang lama. Dia mengatakan salah satu ruang itu adalah “aula bawah tanah” yang lebarnya 150 meter.

Militer menunjukkan rekaman video struktur bawah tanah, termasuk terowongan, dinding-dinding beton, pintu pelindung, sistem ventilasi, kamera pemantau, peralatan elektronik, dan tangga untuk akses ke terowongan tersebut. [ka/jm]