Pasukan Keamanan India Bunuh 10 Pemberontak Maois

FILE - Personel militer India berpatroli di kawasan hutan Saranda dalam operasi melawan pemberontak Maois di distrik Singhbhum Barat di negara bagian Jharkhand, India timur, 9 Mei 2018. (Sanjib DUTTA / AFP)

Pasukan keamanan India menewaskan sekurangnya 10 pemberontak Maois dalam sebuah pertempuran bersenjata di hutan wilayah tengah India, Selasa (30/4). Polisi menambahkan, ini merupakan pertempuran besar kedua bulan ini di tengah pemilu nasional.

Tayangan video, Rabu (1/5) menunjukkan personel keamanan bersenjata memeriksa wilayah berhutan di Narayanpur, di Chhattisgarh, negara bagian di Indi Tengah, yang menjadi lokasi pertempuran bersenjata sehari sebelumnya.

Pertempuran di daerah Abujhmad di wilayah Bastar yang dikuasai Maois ini, menyusul bentrokan pada 16 April lalu dimana 29 pemberontak tewas di distrik sekitarnya.
Pemberontak, yang mengikuti paham komunisme yang diajarkan oleh pemimpin China Mao Zedong, telah mengobarkan perang gerilya melawan pemerintah, terutama di wilayah tengah dan timur India selama beberapa dekade. Aksi ini menyebabkan pertempuran berkala dan korban di kedua pihak.

Para pemberontak Maois mengatakan bahwa mereka bertempur untuk memberi petani miskin India dan buruh tanpa lahan lebih banyak kekuasaan atas tanah mereka. Aksi ini juga ditujukan untuk klaim lebih besar atas bahan tambang yang menurut mereka, telah dieksploitasi oleh perusahaan-perusahaan tambang besar.

India saat ini sedang melakukan pemilihan parlemen dalam tujuh tahap yang sudah dimulai pada 19 April, di mana suara direncanakan akan mulai dihitung pada 4 Juni. [ns/uh]