Pasukan Kurdi Lanjutkan Kampanye Melawan Tersangka ISIS di Kamp al-Hol Suriah

Kamp Al-Hol di Suriah sebagian besar dihuni oleh wanita dan anak-anak kerabat ISIS, yang ditahan setelah para militan ISIS melarikan diri dari pertempuran terakhir melawan pasukan Kurdi (SDF) tahun lalu. (Ali Zeyno/VOA)

Pasukan Kurdi yang didukung Amerika di Suriah, meluncurkan kampanye besar-besaran terhadap kelompok ISIS yang dicurigai, di sebuah kamp yang menampung keluarga-keluarga militan ISIS. 

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi, memulai kampanye keamanan berhari-hari di dalam kamp al-Hol, yang menampung ribuan keluarga terkait kelompok militan ISIS di timur laut Suriah.

Pasukan Demokrat Suriah mengatakan, tujuan kampanye untuk membersihkan setiap operasi ISIS di kamp itu, yang mereka yakini berada di balik meningkatnya kekerasan di dalam kamp al-Hol.

PBB mengatakan, sepanjang tahun ini setidaknya 26 orang tewas di kamp yang menampung hampir 56.000 orang.

Pejabat militer setempat mengatakan, kampanye itu seharusnya dimulai lebih awal, tetapi kemungkinan serangan Turki ke wilayah tersebut memaksa mereka menunggu.

Juru bicara keamanan internal, Ali Hasan mengatakan, “Kami melancurkan kampanye ini karena kewajiban etis dan moral kami untuk membebaskan warga sipil dari kelompok yang beroperasi di dalam kamp al-Hol.”

BACA JUGA: Kurdi Suriah Buru Tersangka ISIS di Kamp Al-Hol 

Selama empat hari kampanye, pejabat Kurdi mengatakan mereka telah menahan lebih dari 75 tersangka ISIS di dalam kamp, menyita sejumlah besar senjata, dan menemukan beberapa terowongan yang digali oleh militan ISIS.

Koalisi dunia pimpinan AS melawan ISIS mengatakan, pihaknya membantu pasukan lokal dalam upaya melawan terorisme yang sedang berlangsung. Pejabat Kurdi di Unit Perlindungan Rakyat mengatakan, dukungan itu penting.

Your browser doesn’t support HTML5

Pasukan Kurdi Lanjutkan Kampanye Melawan Tersangka ISIS di Kamp al-Hol Suriah

Juru bicara Unit Perlindungan Rakyat, Siyamend Ali mengatakan, “Kami bekerja sama dengan koalisi dunia pada tahap pertama perencanaan kampanye ini. Hal yang sama juga terjadi pada tahap kedua, yaitu melakukan kampanye yang sebenarnya. Melalui pusat koordinasi dan perencanaan, koalisi dunia mendukung Pasukan Demokrat Suriah dan pasukan keamanan lokal dalam melakukan kampanye ini.”

Pihak berwenang setempat mengatakan, menciptakan keamanan di kamp adalah bagian penting dari misi untuk mengalahkan militan ISIS di negara itu dan sekitarnya. [ps/jm]