Paus Tuntut Uskup AS Bersatu Atasi Skandal Pelecehan Seks

Paus Fransiskus meninggalkan acara setelah memimpin misa peringatan Hari Perdamaian Sedunia di Basilika St. Petrus di Vatikan, 1 Januari 2019 (foto: Reuters/Tony Gentile)

Paus Fransiskus memperingatkan para uskup Katolik Amerika bahwa mereka perlu menghadirkan persatuan jika mereka ingin memulihkan kredibilitas gereja setelah krisis pelecehan seksual yang meluas.

Teguran itu disampaikan dalam surat bertanggal 1 Januari kepada uskup-uskup Amerika yang sedang berkonferensi selama satu minggu di Chicago, beberapa pekan sebelum para uskup dari seluruh dunia bertemu di Vatikan.

Korban-korban pelecehan seksual menyambut baik pertemuan yang diminta paus itu, berharap pertemuan itu akan menghasilkan kebijakan yang berlaku untuk seluruh gereja supaya pejabat senior gereja tidak salah dalam menangani kasus-kasus pada masa depan.

Fransiskus mengatakan dalam surat yang dirilis hari Kamis, para uskup perlu mengambil "pendekatan baru dan tegas untuk menyelesaikan konflik" dan bukannya berfokus "lebih pada menuding daripada mencari jalan rekonsiliasi," seperti yang telah mereka lakukan pada masa lalu.

Skandal pelecehan seks mengguncang Gereja Katolik Amerika dalam setahun terakhir. [ka]