Paus Umumkan 14 Santo Baru di Lapangan Santo Petrus 

Paus Fransiskus bergerak meninggalkan lapangan Santo Petrus di Vatikan seusai menjalani misa yang menetapkan 14 santo baru pada 20 Oktober 2024. (Foto: Reuters/Guglielmo Mangiapane)

Di hadapan para pejabat sipil dan agama, Paus Fransiskus pada hari Minggu (20/10) mengumumkan 14 santo baru Gereja Katolik Roma dalam sebuah upacara yang diadakan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Paus membacakan proklamasi kanonisasi seraya duduk di depan altar, setelah Kardinal Marcello Semeraro menceritakan kisah ke-14 santo tersebut.

Di antara para santo yang baru adalah 11 “martir Damaskus,” sebuah kelompok yang terdiri dari delapan biarawan Fransiskan dan tiga orang awam yang dibunuh di Suriah oleh para militan Druze pada tahun 1860.

BACA JUGA: Beri Semangat, Paus Telepon Paroki Gereja Keluarga Kudus Katolik di Gaza Setiap Hari

Pastor Italia Giuseppe Allamano, pendiri Misionaris Consolata, juga dikanonisasi. Dia hidup dari tahun 1851 hingga 1926 dan dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1990.

Dua biarawati juga diangkat menjadi orang kudus. Marie-Leonie Paradis, dari Kanada, adalah pendiri Suster-Suster Kecil Keluarga Kudus pada tahun 1880. Dua tahun kemudian Elena Guerra, dari Italia, mendirikan komunitas Religius Roh Kudus.

Paus berterima kasih kepada semua yang hadir dalam upacara tersebut, dan menyampaikan salam khusus kepada Presiden Republik Italia, Sergio Mattarella. [th/ka]