Pejabat CDC Optimistis dengan Upaya AS Melawan COVID

Jane Hassebroek sedang menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum vaksinasi COVID-19 di American Museum of Natural History, di Manhattan, Kota New York, 14 Mei 2021. (Foto: Caitlin Ochs/Reuters)

Seorang pejabat kesehatan pada Minggu (16/5) mengatakan "cukup optimistis" bahwa Amerika Serikat (AS) berada pada jalur yang tepat untuk mengendalikan pandemi virus corona.

"Terlalu dini untuk menyatakan kemenangan," kata Dr. Rochelle Walensky, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) AS dalam acara TV “Fox News Sunday.” “Kita harus tetap rendah hati.

Namun, dia menambahkan, "Saya cukup optimistis bahwa kita berada di tempat yang baik sekarang, bahwa kasus-kasus terus berkurang."

Walensky menyampaikan penilaian umum tentang upaya AS melawan virus corona, beberapa hari setelah instansinya mengatakan 123 juta orang yang sudah divaksin dosis penuh di AS -- sekitar sepertiga dari populasi -- tidak perlu lagi mengenakan masker. Itu menandai kemajuan besar menuju kenormalan bisnis dan sosial.

“Sains memungkinkan kami untuk mengatakan bahwa orang-orang yang telah divaksin penuh, boleh melepas masker," katanya. Namun, dia menambahkan bahwa AS harus "mewaspadai varian-varian baru. Kita harus berhati-hati."

Dia mengatakan mereka yang telah divaksin penuh "tidak berisiko mengalami penyakit COVID-19 yang parah atau dirawat inap. Apabila Anda belum divaksin, Anda tidak aman."

Dia menganjurkan warga AS yang belum divaksin agar segera minta disuntik. Dia mengatakan bahwa 90 persen warga Amerika berada dalam radius 8 km dari tempat pemberian vaksin. [vm/lt]