Pekan Ini, Puncak Hujan Meteor Perseid

Seorang pria menyorot lampu ke arah Milky Way saat puncak hujan meteor Perseid di Taman Nasional Mavrovo, di Macedonia, 12 Agustus 2018. (Foto: Reuters)

Hujan meteor terbaik tahun ini akan segera terjadi.

Di belahan bumi utara, pengamat langit akan disuguhi hujan meteor yang memukau mulai Minggu (11/8) malam hingga Senin (12/8) dini hari, serta Senin (12/8) malam, sampai Selasa (13/8) dini hari.

Perseid terjadi ketika Bumi memasuki bidang puing-puing yang ditinggalkan komet Swift-Tuttle. Bumi memasuki bidang puing-puing itu akhir Juli, tapi akhir pekan ini akan menjadi puncaknya, dengan sebanyak 50 meteor melesat setiap jam. Bumi akan keluar dari bidang puing-puing itu akhir Agustus.

Menurut NASA, siaran langsung mengenai hujan meteor dari sebuah kamera di Huntsville, Alabama, akan tersedia di laman Facebook NASA Meteor Watch selepas pukul 8 malam waktu Eastern Time, Minggu (11/8), atau pukul 0000 UTC, Senin (12/8).

NASA mengatakan hujan meteor itu bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang, tanpa memerlukan teropong atau teleskop. [vm/ft]