Pelatih Timnas Portugal Mengatakan Pengalaman Ronaldo Penting Bagi Skuad Selecao

Bintang sepak bola Cristiano Ronaldo berbicara saat konferensi pers untuk perkenalan resminya sebagai anggota baru klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi, Selasa, 3 Januari 2023. (Foto: AP)

Roberto Martinez, pelatih Tim Nasional Portugal, menyatakan pengalaman berharga Cristiano Ronaldo akan memberikan manfaat bagi skuad mereka menjelang Kejuaraan Eropa yang akan digelar pada bulan ini di Jerman.

Ronaldo akan mengikuti turnamen Euro tahun ini. Laga tersebut akan menjadi Euro keenamnya setelah ia mencapai final pada debut turnamennya pada 2004 dan memenangkan kompetisi pada 2016. Saat ini, dia tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam sepak bola putra internasional dengan 128 gol dari 204 pertandingan resmi,

Kepindahan pemain berusia 39 tahun itu dari elite Eropa ke Arab Saudi pada 2023 menimbulkan pertanyaan apakah kariernya akan segera berakhir, tetapi Martinez mengatakan penyerang Al-Nassr itu masih memiliki banyak hal untuk ditawarkan.

BACA JUGA: Ronaldo Ogah Balik Berlaga di Eropa

"Cristiano tampil sangat konsisten di klubnya. Tidak ada keraguan bahwa dia adalah pencetak gol yang luar biasa," kata Martinez kepada wartawan pada Jumat menjelang pertandingan persahabatan melawan Kroasia pada Sabtu.

“Dia berada di Kejuaraan Eropa keenamnya, dan dia adalah satu-satunya pemain yang telah bermain di lima Kejuaraan Eropa. Jadi, kita berbicara tentang mencapai prestasi unik di dunia sepak bola dan pengalamannya penting bagi kami.”

"Kami memiliki 23 pemain. Kami menciptakan persaingan dan pertandinganlah yang membuat keputusan. Tetapi Cristiano sudah siap untuk membantu tim dan memberikan segalanya yang dia bisa berikan. Dan tidak ada pemain lain di dunia sepak bola yang bisa memberikan apa yang Cristiano dapat berikan kepada ruang ganti."

Portugal berada di Grup F dan akan memulai laga Euro 2024 mereka melawan Republik Ceko, sebelum menghadapi Turki dan Georgia. [ah/ft]