Pembatasan Penerbangan ke Iran Dicabut

Seorang petugas kargo tampak bekerja memuat sejumlah muatan di Bandara Mehrabad di barat Teheran, Iran, pada 5 Agustus 2020. (Foto: WANA (West Asia News agency) via Reuters)

Pembatasan penerbangan telah dicabut di Iran setelah kondisi dianggap aman, demikian laporan beberapa media pemerintah pada hari Senin (7/10). Pengumuman tersebut mempersingkat periode pembatalan layanan penerbangan yang diumumkan sebelumnya oleh Organisasi Penerbangan Sipil (CAO).

Juru bicara organisasi itu sebelumnya mengatakan penerbangan dari semua bandara di Iran akan dibatalkan dari pukul sembilan malam hari Minggu (6/10) hingga pukul enam pagi hari Senin.

Media-media pemerintah Iran melaporkan pengumuman itu enam jam sebelum berakhirnya batas waktu pembatalan penerbangan sebelumnya.

BACA JUGA: Iran Tangguhkan Penerbangan di Beberapa Bandara

“Setelah memastikan kondisi penerbangan yang baik dan aman oleh Organisasi Penerbangan Sipil, semua pembatasan yang diumumkan dicabut dan maskapai penerbangan diizinkan untuk melakukan operasi penerbangan,” kata media pemerintah.

Sebelumnya media pemerintah Iran, mengutip pernyataan juru bicara CAO tanpa memberi rincian lebih lanjut, melaporkan pembatalan sejumlah layanan penerbangan itu karena pembatasan operasional.

Iran menerapkan pembatasan penerbangan sejak Selasa (1/10) lalu ketika meluncurkan rudal ke Israel sebagai pembalasan atas serangan udara Israel yang menewaskan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah dan jenderal tertinggi IRGC Abbas Nilforushan di Beirut. Israel bersumpah akan membalas serangan itu. [em/ka]