Pembelaan Trump atas Pertemuannya dengan Putin Gagal Redakan Kemarahan di Kongres AS

Senator Bob Menendez berbicara dengan Senator Chuck Schumer hari Rabu (18/7), sebelum memberikan pernyataan kepada media di gedung Capitol, Washington DC mengenai KTT Trump-Putin di Helsinki.

Pembelaan Presiden AS, Donald Trump atas KTT Helsinki yang diadakannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berhasil memadamkan kemarahan di Kongres Amerika, di mana anggota parlemen hari Rabu (18/7) menuntut jawaban dari pemerintah dan mendorong hukuman baru bagi Rusia.

"Rakyat Amerika dan anggota komite berhak mengetahui apa yang disetujui oleh presiden dan diktator asing di belakang pintu tertutup," kata tokoh Demokrat terkemuka di Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Bob Menendez dari New Jersey.

Menendez mengungkapkan kekhawatiran atas pernyataan Rusia yang menyatakan kesediaan untuk bekerjasama dalam bidang keamanan yang diduga disetujui oleh Trump dan Putin dalam pertemuan mereka.

Menlu AS, Mike Pompeo diharapkan akan memberikan kesaksian di depan komite minggu depan. Ketua panel, tokoh partai Republik dari Tennessee, Bob Corker mengatakan, kelompok Demokrat tidak sendirian dalam menuntut jawaban.

Setelah bersikeras dia salah bicara dalam konferensi pers hari Senin dengan Putin, di mana dia tidak membela kesimpulan intelijen AS bahwa Rusia ikut campur dalam pemilihan presiden 2016, Trump mengecam kritik atas penampilannya di Helsinki dan menyatakan KTT itu sukses. [ps/ii]