Pembuat Chip AS "Wolfspeed" akan Buka Pabrik di Jerman

Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) dan CEO Wolfspeed Gregg Lowe saat menghadiri acara tentang masa depan pembangkit listrik tenaga batu bara di kota Ensdorf, Jerman, Rabu 1 Februari 2023.

Perusahaan pembuat chip AS "Wolfspeed" Rabu (1/2) mengatakan akan membuka pabrik di Jerman untuk mendukung peralihan industri mobil ke kendaraan listrik, sementara Eropa berupaya untuk meningkatkan industri semikonduktornya.

Pabrik tersebut akan dibangun di negara bagian Saarland, dan merupakan bagian dari rencana ekspansi Wolfspeed yang diumumkan sebelumnya senilai $6,5 miliar, kata perusahaan itu.

Pembuat suku cadang Jerman ZF Friedrichshafen bermaksud untuk menginvestasikan dana sebesar “tiga digit juta euro” dalam konstruksi baru itu dengan imbalan kepemilikan saham di Wolfspeed, kata grup otomotif itu dalam sebuah pernyataan.

Your browser doesn’t support HTML5

Industri Semikonduktor Serap Ribuan Tenaga Kerja di AS

“Fasilitas baru ini akan sangat penting untuk mendukung ekspansi kami dalam industri dengan keterbatasan kapasitas yang berkembang sangat pesat, terutama di pasar EV (kendaraan listrik),” kata Gregg Lowe, presiden dan CEO Wolfspeed.

“Ini akan menjadi fasilitas produksi chip terbesar di dunia yang terbuat dari silikon karbida, bahan semikonduktor alternatif,” kata perusahaan itu.

Raksasa otomotif Jerman seperti Volkswagen sedang mempercepat upaya untuk beralih ke produksi mobil listrik berteknologi tinggi, dan menjauh dari kendaraan berpolusi yang menggunakan bahan bakar fosil.

Pabrik tersebut, milik Wolfspeed yang pertama di Eropa, akan dibangun di atas lahan seluas 14 hektar di lokasi bekas pembangkit listrik tenaga batu bara. Pabrik itu juga akan mempekerjakan 600 orang setelah beroperasi penuh. [lt/jm]