Pemegang Saham Fiat Chrysler dan Peugeot Setujui Merger

Pemegang saham Fiat Chrysler (FCA) dan Peugeot Citroen (PSA), melakukan pemungutan suara untuk merger dan menjadikannya perusahaan otomotif terbesar keempat di dunia, Senin (4/1) (Foto: ilustrasi).

Para pemegang saham Fiat Chrysler dan PSA Peugeot, Senin (4/1) melakukan pemungutan suara untuk menggabungkan dan menjadikannya perusahaan otomotif terbesar keempat di dunia, melalui sebuah langkah yang bertujuan untuk mengatasi sebuah perubahan teknologi yang sangat besar dalam industri otomotif.

Dalam pertemuan terpisah, CEO PSA Peugeot Carlos Tavares dan pemimpin Fiat Chrysler John Elkann mengemukakan pentingnya merger yang ‘bersejarah’ itu dengan menggabungkan dua perusahaan mobil yang memiliki riwayat panjang serta ikut menorehkan sejarah industri baik di Amerika Serikat, Perancis maupun Italia.

Tavares akan menjalankan perusahaan yang baru, sementara Elkann tetap menjalankan fungsinya sebagai pemimpin perusahaan gabungan itu.

Sebelum merger ini dirampungkan, saham di perusahaan baru yang diberi nama Stellantis itu akan diluncurkan. Saham tersebut akan diperdagangkan di Milan, New York dan Paris.

Saham Fiat Chrysler menyaksikan kenaikan sebesar 2,5% di Milan dan diperdagangkan pada 15,03 Euro, sementara Peugeot naik 3,4% di Paris menjadi 23,13 Euro.

Perusahaan baru tersebut akan memiliki kapasitas produksi 8,7 juta mobil per tahun, masih di bawah produksi Volkswagen, Toyota dan Renault-Nissan, dan diharapkan akan menghasilkan penghematan tahunan sebesar 5 miliar Euro. [mg/jm]