Pemerintah AS Mulai Proses Permohonan Para Pencari Suaka di Perbatasan

Beberapa pencari suaka Honduras dikirim kembali ke Tijuana, Meksiko sambil menunggu permohonannya diproses (30/1).

Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika telah mulai mengirim ke Meksiko pencari suaka yang datang mendaftarkan diri di perbatasan, sambil menunggu keputusan tentang permohonan mereka.

Kata pejabat senior Departemen itu, 12 orang pencari suaka telah dikembalikan ke Meksiko sesuai kebijakan baru yang disebut Peraturan Perlindungan Migran. Jumlah migran seperti itu yang dikirim balik ke Meksiko akan terus ditambah, tegasnya.

“Kami akan memberi tahu pemohon kapan kasus mereka akan disidangkan, dan kapan mereka bisa kembali ke Amerika," kata seorang pejabat kepada wartawan hari Jumat (1/2).

“Kami juga akan memberi mereka pengacara gratis atau pro bono,” tambahnya.

Kata pejabat itu, petugas Pabean dan Perlindungan Perbatasan akan mengecualikan orang-orang yang datang dari tiga negara: el Salvador, Guatemala dan Honduras, dari proses itu.

Ketika delegasi kelompok HAM Amnesty International berkunjung ke San Diego, Tijuana, el Paso dan Ciudad Juarez minggu lalu, pejabat Amnesty untuk Amerika Margaret Huang mengatakan, kebijakan mengirim peminta suaka itu untuk menunggu di Meksiko telah mengakibatkan kebingungan besar diantara para migran.

Rincian proses itu tidak dijelaskan kepada mereka, dan hasilnya adalah kebingungan dan kecemasan diantara migran itu, kata Margaret Huang. (ii)