Pemerintah Selidiki Gangguan di LRT Palembang

Presiden Joko Widodo (kedua dari kiri) dan para pejabat duduk di dalam kereta ringan atau light rail transit (LRT) di stasiun Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan, 13 Juli 2018.

Pemerintah menyelidiki serangkaian masalah operasional kereta api ringan atau Light Rapid Transit (LRT) yang muncul hanya beberapa hari menjelang pembukaan Asian Games, kata Kementerian Perhubungan, Senin (13/8) seperti dilaporkan kantor berita AFP.

LRT di Kota Palembang harus beroperasi lancar karena ribuan atlet, para pejabat dan pengunjung akan tiba minggu ini, di pekan penyelenggaraan pesta olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade. Palembang dan Jakarta akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Asian Games.

Sebagian sistem LRT di Palembang terhenti pada Minggu (12/8) karena hubungan arus pendek. Akibatnya, perjalanan kereta terhenti dan para penumpang harus turun di antara dua kereta.

Beberapa hari sebelumnya, para penumpang harus mengalami penundaan perjalanan yang cukup lama akibat gangguan sinyal. Layanan LRT terpaksa dihentikan akibat gangguan tersebut.

"Pemerintah akan segera mengevaluasi seluruh operasi LRT Sumatra Selatan," kata Zulfikri, direktur jenderal kereta api Kementerian Perhubungan.

"(Kami) harap evaluasi ini bisa memberikan solusi untuk memperbaiki seluruh operasi LRT," katanya.

Jakarta dan Palembang akan kedatangan lebih dari 11 ribu atlet dan 5.000 pejabat olahraga dari 45 negara Asia untuk mengikuti Asian Games. [ft/dw]