Pemimpin Eropa Bahas Perang di Ukraina pada Forum Ekonomi Dunia

Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska (kiri) berbicara dengan Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Davos, Swiss hari Selasa (17/1).

Presiden Moldova Maia Sandu, Perdana Menteri Slovakia Eduard Hegar dan Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, Selasa (17/1) ikut serta dalam sesi diskusi mengenai tahun kedua perang di Eropa di sela-sela Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos.

Ketiga pemimpin sepakat bahwa perang antara Ukraina dan Rusia merupakan perang yang dilancarkan Putin bukan bangsanya, karena banyak warga Rusia yang menentang perang tersebut, dan Putin sebenarnya bisa menghentikannya.

Sementara itu Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin dalam diskusi tersebut mengatakan salah satu upaya untuk menghentikan perang tersebut adalah negara-negara Eropa harus mendukung warga Rusia yang menentang perang dan takut akan pembalasan Putin.

BACA JUGA: Ibu Negara Ukraina Desak Pemimpin Dunia untuk 'Gunakan Pengaruhnya'

Pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia yang dihadiri oleh pemimpin politik dan ekonomi global ini tengah berlangsung di Davos Swiss sejak 16 - 20 Januari 2023.

Pada hari kedua pertemuan, WEF membahas berbagai hal mulai dari perang di Ukraina, energi, mengatasi krisis perubahan iklim sampai kekuatan teknologi. Termasuk dalam pembahasan di hari kedua ini, adalah pesan khusus dari Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska dan pidato Ursula von der Leyen, Ketua Komisi Eropa. [my/jm]