Pemimpin ISIS Keluarkan Seruan Baru untuk Bertindak

ISIS Afghanistan. (Foto: AFP)

Para pendukung ISIS merayakan atas apa yang tampaknya merupakan pesan baru dari pemimpin kelompok teror itu. Ia menjanjikan bahwa perang melawan Amerika dan sekutunya masih jauh dari selesai.

Suara itu, konon suara Abu Bakar al-Baghdadi, memberi tahu para pendukungnya selama rekaman audio berdurasi lebih dari 30 menit bahwa AS "sekarang tenggelam dalam rawa-rawa" Irak dan Afghanistan. Ia menambahkan Amerika tidak berdaya untuk membantu sekutunya di wilayah itu dan juga di seluruh dunia.

"Tidak bisa berbuat apa pun selain memberikan omong kosong dan janji-janji palsu kepada mitranya," kata suara itu sebagaimana diterjemahkan oleh kelompok intelijen SITE .

BACA JUGA: ISIS Rilis Rekaman Suara Terbaru Abu Bakr al-Baghdadi

"Roda berputar dengan lancar berkat rahmat Allah, setiap hari dan di berbagai bidang," tambah suara itu.

Para pejabat AS mengatakan para analis sedang meninjau pidato itu, yang dikeluarkan oleh divisi media ISIS-Furqan, Senin, beberapa jam setelah merujuk perilisan berikutnya.

Jika dikukuhkan, itu akan menjadi pesan pertama dari Baghdadi yang berusia 48 tahun sejak April. Saat itu ia muncul dalam video berdurasi 18 menit, mendesak para pengikutnya untuk membalas dendam atas runtuhnya kekhalifahan kelompok itu di Suriah dan Irak. [my/pp]