Pemimpin Militer 3 Negara Afrika Barat Tandatangani Pakta Keamanan

Tentara Burkina Faso mengikuti upacara penutupan pelatihan militer di Jacqueville, Pantai Gading, 14 Maret 2023. Para pemimpin militer dari tiga negara Afrika Barat – Burkino Faso, Mali, dan Niger – menandatangani perjanjian pakta pertahanan bersama pada akhir pekan. (Foto: AFP)

Para pemimpin militer dari tiga negara Afrika Barat – Burkino Faso, Mali, dan Niger – menandatangani perjanjian pakta pertahanan bersama pada akhir pekan.

Para pemimpin junta menandatangani Piagam Liptako-Gourma, membentuk Aliansi Negara-negara Sahel. Nama pakta itu diambil dari nama wilayah di mana perbatasan ketiga negara bertemu.

Kolonel Assimi Goita, pemimpin junta Mali, mengatakan dalam pernyataan, “Saya hari ini menandatangani Piagam Liptako-Gourma dengan kepala negara Burkina Faso dan Niger, membentuk Aliansi Negara-negara Sahel dengan tujuan membangun arsitektur pertahanan kolektif dan saling membantu demi kepentingan masyarakat kita.”

Pakta baru tersebut menyerukan ketiga negara bertetangga untuk saling membela. Ketiganya menghadapi ancaman dari kelompok jihadis.

Masing-masing negara telah mengalami kudeta sejak 2020. [ka/ab]