Pendidikan, Keberlanjutan dan Keragaman Jadi Tema Mainan Anak-Anak yang Populer Tahun 2022

Perusahaan mainan Mattel menamai Barbie 2022 "Model Peran Global" dan menghormati para pendiri perempuan perusahaan tersebut, menjelang Hari Perempuan Internasional, 4 Maret 2022. (Mattel/Handout via REUTERS)

Pandemi virus corona telah menghentikan Pameran Mainan Internasional Amerika Utara di Kota New York untuk tahun kedua, namun mainan-mainan baru tetap tersedia di rak-rak toko.

Dengan banyaknya orang tua membantu anak-anak mereka dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, produsen mainan juga mengikuti langkah serupa yaitu menciptakan mainan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak.

Maddie Michalik, editor senior media “The Toy Insider” mengatakan, "STEM dan mainan yang edukatif akan sangat populer tahun ini. Terutama sejak orang tua masih mengandalkan mainan untuk membantu anak-anak mereka dalam belajar dan mengajarkan kemampuan baru. "

Salah satu mainan edukatif yang diperkirakan akan memasuki pasaran adalah Ultimate Squishy Human Body atau mainan berbentuk tubuh manusia yang lembut.

Maddie Michalik menjelaskan, "Mainan lembut berbentuk tubuh manusia sepanjang 40 cm akan membuat anak-anak dapat mempelajari bagian-bagian dalam tubuh manusia. Mereka dapat memindahkan tulang dan mengeluarkan otot. Bagian favorit saya adalah anak-anak dapat mengeluarkan delapan organ tubuh yang berbeda dan sangat lembut. Mereka kemudian dapat meletakannya pada pemindai pintar dan dapat mempelajari berbagai fakta tentang organ tersebut."

Seorang anak melihat-lihat mainan yang dipajang di Toko Annie's Blue Ribbon di wilayah Brooklyn, New York, , Rabu, 15 Desember 2021. (AP/Mary Altaffer)

Perusahaan-perusahaan pembuat mainan juga memasukan unsur keragaman dan inklusi dalam produk-produk terbaru mereka, termasuk di antaranya “Naturalistas” sebuah boneka mode yang menampilkan berbagai jenis rambut, seperti rambut yang digulung atau rambut ikal.

Maddie Michalik menambahkan, "Saya menyukai boks mainan itu yang mengatakan tentang berbagai jenis rambut dan jenis rambut apakah yang dimiliki boneka tersebut. Jadi sangat penting bahwa anak-anak dapat melihat diri mereka dalam boneka tersebut."

Perusahaan-perusahaan pembuat mainan juga menargetkan untuk menciptakan mainan yang lebih ramah lingkungan dengan mainan dan kemasan yang bersifat berkelanjutan, yang merupakan prioritas bagi kebanyakan orang tua, kata Michalik.

"Jadi keberlanjutan dan ramah lingkungan menjadi perhatian setiap produsen mainan saat ini. Dan Anda tahu, memastikan bahwa produk-produk tersebut bersih dan menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan bagi anak-anak merupakan sesuatu yang sangat penting bagi orang tua milenial saat ini," jelasnya. [lj/ka]